Kanal

Soal PM 108 yang Atur Transportasi Online. Organda Kepri Minta Pemerintah Tegas. Ini Alasannya

Ketua DPD Organda Kepri Syaiful (kanan) - TRIBUNBATAM/THOM LIMAHEKIN

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Organisasi Angkutan Darat (Organda) meminta Kementerian Perhubungan (Kemhub) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri tegas memberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan (PM) Nomor 108 Tahun 2017 yang mengatur angkutan sewa khusus (online) mulai 1 Februari 2018.

Ketua Dewan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organda Kepri, Syaiful mengungkapkan, pihaknya mendukung pemerintah dalam pelaksanaan PM 108.

Aturan ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam memberikan kepastian hukum terhadap semua pihak dalam menyelenggarakan angkutan, termasuk taksi online.

Baca: Kapolri Tito Karnavian Kaget Video Pidatonya Soal Ormas Islam Viral di Medsos. Ini Klarifikasinya

Baca: Cabuli Gadis 14 Tahun Hingga Hamil. Pelaku Ternyata Sudah Kenal Begituan Sejak Usia 11 Tahun

Baca: Waspada Gelombang Laut 4 Meter di Laut Natuna dan Arus Kuat di Perairan Batam, Bintan, Karimun

“Kehadiran pemerintah memberi perhatian khusus terhadap aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, kesetaraan, keterjangkauan, dan keteraturan serta menampung perkembangan kebutuhan masyarakat dalam penyelenggaraan angkutan," kata Syaiful kepada Tribun, Kamis (1/2/2018) pagi.

Syaiful menyayangkan pihak-pihak yang mengatasnamakan pengemudi taksi berbasis aplikasi atau taksi online menolak pemberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan (PM) 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Sebab, regulasi yang didalamnya juga mengatur keberadaan taksi online ini merupakan hasil final dari proses pembahasan semua pihak terkait dalam merumuskan aturan tersebut.

"Penerbitan PM 108 Tahun 2017 sudah melalui proses cukup panjang dan beberapa kali revisi. Regulasi ini merupakan bentuk partisipasi dari semua pemangku kepentingan, termasuk di dalamnya perwakilan dari taksi online dan kami juga hadir dalam pembahasan serta uji publik," kata Syaiful. (tom)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: nandarson

Video Viral Polisi Sempatkan Diri Beribadah ketika Bertugas di Belakang Suporter Bola

Berita Populer