Kanal

Ayam Presto Ini Nggak Cuma Gurih Tapi Juga Crispy

- TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

ANEKA olahan presto selalu saja banyak peminatnya. Sensasi empuknya daging hingga ke tulang membuat orang suka menyantap daging yang diolah menggunakan high pressure cooker tersebut.

Daging ayam adalah satu di antara daging yang banyak dimasak menggunakan panci presto. Setelah dipresto, daging ayam biasanya akan diolah dengan cara lain untuk mendapatkan sajian yang lezat. Sebut saja digoreng dengan adonan tepung yang membuat kriuk.

"Ayam presto memang dioven tetapi tidak terlalu lama. Karena akan mengalami proses digoreng lagi. Jadi tidak boleh dipresto terlalu lama. Selain itu proses penggorengannya juga sangat diperhatikan," kata Ety, owner Rumah Makan Super Penyet.

Ada dua jenis penggunaan tepung di sini. Yaitu tepung terigu dan tepung kanji. Rasa crunchy yang berbeda dari ayam kriuk lainnya, karena proses pemasakan yang sangat diperhatikan.

"Pertama dari goreng ayam dulu, baru kriuknya, setelah setengah masak. Barulah digulung dengan ayamnya, jadi ayamnya terselimut dengan kriuknya," kata pemilik Super Penyet yang berada di Perumahan Griya Prima blok J No 10, Batu Aji.

Ayam presto goreng akan mempunyai rasa garing di luar dan lembut di dalam, bahkan rasa gurih juga sangat terasa dari tambahan bumbu pada adonan tepungnya. Tidak seperti membuat ayam crunchy lain yang mengunakan tepung basah dan tepung kering, tetapi cukup dengan satu adonan saja, layaknya membuat pisang goreng.

Ayam presto goreng ini sangat enak saat dinikmati bersama sambal merah, atau sambal terasi. Kriuk ayam juga sangat terasa dari ayam yang panas hingga ayamnya dingin. Adonan yang begitu garing, sangat terasa rapuh saat sekali sentuh.

"Tips biar enak itu tepungnya harus pas dan cara goreng juga harus diperhatikan. Ukuran api untuk memanaskan agak besar, kalau minyak udah panas, baru kecilkan apinya. Saat masak ayam dulu, baru tepungnya, agar masaknya merata," saran Ety yang mempunyai 50 menu masakan di Rumah Makannya. (*)

Resep Ayam Goreng Presto
Bahan:
180 gram daging ayam
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
90 gram tepung terigu
90 gram tepung kanji
1 butir telur

Cara Pembuatan:
1. Daging ayam yang sudah dibersihkan, dibumbui dengan bumbu ungkap. Seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan penyedap rasa yang yang dihaluskan.
2. Presto ayam yang sudah dibumbui sampai setengah matang
3. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, garam dan penyedap rasa secukupnya. Adon bersama air sedikit demi sedikit sampai tektur tidak terlalu kental ataupun terlalu cair.
4. Setelah ayam dipresto. Masukan ke dalam adonan tepung. Goreng ayam terlebih dahulu.
5. Setelah setengah masak, ratakan adonan tepung dengan lima jarimu hingga membentuk seperti jaring-jaring. Saat sudah setengah matang adonan tepungnya, satukan dengan ayam, hingga terselimut dengan rata. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani

Jelang Pernikahan Mantan, Pria di Kalimantan Tengah Mengamuk Bunuh Bibi dan Ibu Kandungnya

Berita Populer