Kanal

Gurihnya Sup Konro Bikin Nagih. Buat Sendiri Yuk!

- TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BAGI yang besar dan lahir di Makassar, tentu sudah tidak asing dengan sop konro khas Makassar. Konro berasal dari bahasa Makassar yang artinya adalah tulang iga.

"Konro ini ada yang dibakar dan ada yang di sup. Biasanya sup konro atau konro bakar. Dan ini adalah khas dari Makassar ditambah dengan bahan lain yang hanya bisa didapat di Makassar," kata Rita Pamalla, owner Batam Kuliner Celebes.

Salah satu bahan yang hanya bisa didapat di Makassar adalah buah pamarrasan. Buah pamarrasan ini berfungsi sebagai penambah cita rasa dari sup konro. Dengan adanya buah ini, sup konro akan berwarna cokelat kehitaman.

Tulang iga sapi yang terasa berlemak dan gurih ini akan menjadi penambah rasa sempurna dalam sup konro. Tidak hanya dari warna yang membuat kuah sup konro berubah tetapi juga rasa gurih juga ikut bertambah.

Dalam satu hidangan sup konro, hanya terdapat tulang iga saja dengan kuahnya. Tetapi kamu bisa menambah potongan daun seledri dan bawang goreng. Selain itu untuk di daerah Makassar, sup konro dinikmati bersama buras.

Buras juga termasuk makanan khas Makassar yang terbuat dari beras yang mirip lontong daun. Bedanya, jika lontong daun berbentuk panjang dan bulat, buras berbentuk pipih dan diikat dengan sutas tali.

"Untuk membuat sop konro yang enak itu, tulang iga direbus selama kurang lebih empat jam agar dagingnya empuk. Tulang tersebut direbus bersama isi sumsum pada tulang iganya," ujar pemilik Batam Kuliner Celebes di Lapak Deret Kuliner, Kompleks KBC Batam Centre.

Nah, bagi yang suka dengan sup konro, tak ada salahnya mencoba sendiri di rumah. Selain nikmat, cara membuatnya juga cukup mudah. Selamat Mencoba! (*)

Resep Sop Konro
Bahan:
1 kg tulang iga
2 labu bawang putih
10 buah bawang merah
2 batang kayu manis
5 buah cengkeh
3 ruas jari jahe
3 ruah lengkuas
1 ruas jari kunyit
3 batang serai dikeprek
2 sdm ketumbar
1 sdm Jintan
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara Pembuatan:
1. Semua bumbu dihaluskan, kecuali kayu manis, cengkeh, dan serai
2. Gabungkan semua bumbu yang sudah dihaluskan dengan tulang iga
3. Panaskan minya makan, tumis bumbu dan tulang iga hingga wangi
4. Masukkan air secukupnya, aduk rata
5. Masukkan cengkeh, kayu manis, dan serai
6. Rebus sampai empuk, kurang lebuih empat jam
7. Setelah empuk, masukan garam dan penyedap sesuai selera
8. Sajikan dengan taburan bawang goreng serta daun seledri. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani

Video Viral Jokowi Hormat Sendiri saat Indonesia Raya Berkumandang, Begini Menurut Undang-undang

Berita Populer