Kanal

Masuk Tempat Wisata Ini Gratis dan Bisa Mengenal Miniatur 31 Rumah Adat

- TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

INDONESIA terkenal dengan kekayaan ragam budaya, suku dan adat istiadat. Masing-masing daerah memiliki adat yang berbeda dan menjadi ciri khas dan pembeda dengan daerah lain. Rumah adat merupakan satu di antara kekayaan budaya yang wajib dilestarikan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengenal rumah adat dari 35 provinsi di Indonesia, tak ada salahnya untuk datang ke Golden City Batam.

Sebanyak 31 miniatur rumah adat bisa dijadikan media untuk belajar sekaligus menjadi tempat menarik untuk berfoto.

Saat pertama kali memasuki kawasan miniatur rumah adat, hal yang pertama dirasakan adalah kesejukan karena warna hijau sangat mendominasi tempat satu ini. Gerbang masuk mencirikan tembok khas Balinya.

Sementara miniatur pertama yang bisa kita temui adalah LAM (Lembaga Adat Melayu) yang sangat bercirikan rumah khas Melayu.

Semakin masuk ke dalam, semakin banyak rumah-rumah adat yang bisa ditemui. Terbuat dari batu dan semen serta dipulaskan warna-warna menarik membuat rumah adat ini begitu indah untuk dilihat.

Jalan setapak sepanjang jalan yang terbatas membuat beberapa orang terpaksa memijak rumput. Sayangnya, miniatur rumah adatnya tidak beraturan letaknya. Jadi Anda harus berkeliling di area 1.500 meter persegi untuk melihat semua miniatur rumah adatnya.

Dengan rumput hijau, beberapa tanaman dan pohon hijau membuat pandangan menjadi sangat segar. Tanahnya juga tidak semua datar tetapi terlihat seperti bukit yang turun naik seperti di lapangan golf.

Tidak hanya 31 miniatur rumah adat, tetapi lima miniatur tempat ibadah juga ada di sini. Mulai masjid, gereja Kristen, gereja Katolik, Pura, hingga Klenteng. Letak miniatur tersebut tidak berjauhan tapi berdekatan saja.

Di luas lahan 1.500 meter persegi ini juga, kamu bisa melihat beberapa patung-patung binatag. Seperti kuda, beruang, gajah, panda, dan sebagainya. Selain terlihat pengunjung yang berfoto-foto, ada juga yang memijak miniatur rumah adat bahkan ada yang menaiki patung binatangnya.

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer