Kanal

TUNGGU! Saudara Kembar Mitsubishio Xpander Segera Dilahirkan Nissan. Apa Bedanya?

Seorang SPG Mitsubishi Xpander berpose di depan mobil tersebut. -

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA  - Mitsubishi Xpander yang belum lama diluncurkan, beberapa waktu lalu, memang menjadi fenomena baru pasar otomotif Indonesia.

Mobil yang dikategorikan berada di antara SUV dan MPV ini laris-manis.

Suksesnya Xpander ternyata membuat Nissan juga kepincut untuk membuat kembarannya, seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xenia atau Agya dengan Alya.

Hal ini merupakan strategi aliansi bisnis otomotif global antara Nissan, Renault dan Mitsubishi Motors, yang juga segera menjalar di Indonesia.

PT Nissan Motors Indonesia (NMI) menyatakan, dalam waktu dekat, juga akan segera menghadirkan MPV saudara kembaran Xpander tersebut.

Hal ini merupakan implementasi kesepakatan aliansi global ketiga merk otomotif untuk memaksimalkan resources yang dimiliki masing-masing brand.

"Waktu di GIIAS (2017) orang MMC (Mitsubishi Motors Corporation) keceplosan bilang akan pasok Low MPV ke Nissan. Pak Koito (Eiichi Koito, Presdir PT NMI) kan juga bilang, kita akan aliansi dengan Mitsubishi," kata Vice President Director of Marketing and Sales PT NMI Davy J Tuilan di sela acara peluncuran Nissan Grand Livina Special Version di acara LivinAlife di Gading Serpong, Tangerang, Sabtu (10/3/2018).

Kendati demikian, Davy menjanjikan, mobil MPV anyar hasil aliansi Mitsubishi dan Nissan akan tampil dengan sejumlah diferensiasi.

"Buat pemerintah kan yang penting mobil itu diproduksi di Indonesia. Kita dari (Nissan) Indonesia punya voice untuk aliansi ini. Aliansi kan dua produk yang menggunakan satu platform," ujar Davy.

Soal seberapa beda sosok kembaran Mitsubishi Xpander versi Nissan nantinya untuk pasar Indonesia, Davy secara diplomatis mengatakan, "Diferensiasi-nya kan bisa minimum (ada sedikit perbedaan), medium sampai maksimum," dalihnya.

Namun, konsep pengembangan mobil low MPV PT Nissan Motors Indonesia bersama Mitsubishi tersebut tidak akan meniru konsep yang selama ini dilakukan kompetitornya.

Ketika ditanya, apakah platformnya sama dengan Toyota dan Daihatsu, Davy menegaskan tidak. 

"Tidak seperti tetangga, yang disejajarin barangnya sama," kata Davy J Tuilan.

Penulis: Choirul Arifin

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tunggu! Saudara Kembar Xpander dari Nissan Akan Segera Hadir dengan Sejumlah Diferensi, http://www.tribunnews.com/otomotif/2018/03/11/tunggu-saudara-kembar-xpander-dari-nissan-akan-segera-hadir-dengan-sejumlah-diferensi.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Tribunnews

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer