Kanal

4 Rahasia Tampil Cantik Berbalut Fashion Etnik

- TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

MENGGAMBARKAN kecintaan pada Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan menggunakan pakaian bernuansa etnik khas nusantara.

Seperti yang dikatakan Rifkha, pemilik Online Shop yang menjual berbagai macam tas etnik ini mengaku sejak SMA sudah suka dengan fashion berbau etnik. Karena baginya hal yang berbau etnik itu terkesan elegan, simple, dan lucu.

"Kalau pakaian yang ada etniknya itu terkesan elegan dan modis. Jadi percaya diri pakainya," ujar Rifkha.

Pakaian etnik juga terkesan istimewa bagi Luhung Esa Pertiwi, fashion designer ini menggunakan pakaian etnik saat acara resmi. Seperti meeting dengan client atau seminar. Tapi terkadang sehari-hari, ia gunakan pakaian yang ada corak etnik nusantaranya juga.

"Kalau untuk sehari-hari paling celana kulot batik mix sama kaos polosan atau tunik batik sama celana denim. Basic mixed and match-nya. Saya suka sama vest batik, jadi bisa pakai kemeja putih sama celana atau rok gitu," ungkap Luhung.

Tidak hanya Luhung, Anggie, seorang guru di salah satu Sekolah Dasar di Batam ini menganggap pakaian bernuansa etnik bisa dipakai saat kapan saja. Karena model, motif, dan bahan kain yang mengikuti zaman.
"Kalau dulu pas saat tertentu, kalau sekarang bisa kapan aja dan di mana aja," tambahnya.

Semakin gencarnya fashion dengan corak etnik nusantara, membuat Nila Sari, perancang busana muslim asal Batam ini merancang busana muslim dengan sentuhan etniknya. Bahkan saat Muffest di Jakarta pada beberapa waktu lalu, ia memamerkan hasil rancangan busana muslim dengan sentuhan etnik.

"Sekarang etnik tidak hanya digunakan saat moment formal saja, tetapi juga bisa daily. Dan semua tergantung dari model pakaiannya," kata pemilik akun @waode_collection.

"Kain tenun nusantara memberikan kesan simple tetapi elegan. Contohnya dalam desain saya dari tenun Muna, Sulawesi Tenggara dan bordir layangan. Tapi bisa juga kombinasi etnik dengan tenun Toraja," katanya pada Jumat (4/5/2018).

Bagi seorang muslimah, tentu ingin tampil modis juga, tetapi tentunya tetap syari dan menutup aurat. Dari kombinasi kain yang bisa digunakan untuk busana muslim ada linen hingga katun. Dan untuk pola pakaiannya tentu jangan sampai membentuk badan.

"Kalau untuk daily bisa menggunakan celana. Celana bermodel kulot tentunya, tapi kalau formal ada baiknya dress. Untuk hijab, bisa disesuaikan dengan pakaian yang digunakan," tuturnya.

Semakin dekatnya dengan bulan suci Ramadan ini, tidak salahnya jika ada koleksi pakaian muslim kita yang mengandung unsur etniknya. Sehingga saat acara Ramadan kita tampil simple tetapi elegan. (*)

Tips
Mixed and Match Busana Etnik
1. Pilih hijab yang warnanya paling sedikit yang ada pada pakaiannya
2. Agar motif tidak tertutup dengan hijab, usahakan membuat model hijab yang tidak menutup motif bagian depan pakaian
3. Pilih baju etnik yang longgar, tidak menampakkan bentuk lekuk tubuh
4. Saat menggunakan dress atau kulot, ada baiknya gunakan heels akan memberikan kesan elegan. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani

Video Viral Jokowi Hormat Sendiri saat Indonesia Raya Berkumandang, Begini Menurut Undang-undang

Berita Populer