Kanal

Ikan Asam Pedas, Kuah Merah & Kental Menggugah Selera

- TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

OLAHAN ikan asam pedas sudah sangat populer di wilayah Melayu termasuk di Kepri dan Batam khususnya. Rasa perpaduan asam dan pedas pada olahan ini membuat makanan ini lezat saat dipadukan nasi hangat.

Untuk bisa mendapatkan olahan ikan asam pedas yang lezat ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama dalam hal pemilihan ikan yang akan dimasak.

"Agar olahan ikan asam pedas enak, harus menggunakan ikan yang segar. Sebab, saat proses pengolahan, ikan tidak digoreng dulu tapi diolah langsung dengan bumbu asam pedas, jadi terasa asam pedas hingga ke bagian dalam ikannya," kata Viska, manager operational di Restoran Harbour Bay Seafood.

Dikatakan oleh Viska bahwa ikan asam pedas yang berkuah merah ini adalah khas dari Tanjungpinang. Asam pedas khas Tanjungpinang selain berkuah merah, tetapi juga kental.

Agar rasanya semakin gurih, maka ditambahkan dengan nanas. Dan penambah rasa lainnya adalah terong ungu. Jadi tidak monoton merasa ikan saja, tetapi bisa merasakan nanas dan terong juga.

"Ikan yang enak untuk asam pedas itu ikan kakap atau ikan ungar. Ikan yang mudah ditemukan di Kepri, dan rasanya juga nikmat dan manis. Terutama ikan kakap, dagingnya juga lembut dan cocok untuk asam pedas," katanya.

Ikan asam pedas khas Tanjungpinang kental dengan citarasa Melayu. Jadi tidak terlalu manis dan pedas. Tetapi lebih ke gurih, yang mana seimbang antara rasa asam dan pedasnya.

"Kalau mau berwarna merah. Cabe yang digunakan adalah cabe kering merah. Karena akan memberikan kesan warna merah menyala sehingga akan semangst untuk memakannnya," jelasnya.

Nah, bagi yang ingin mengolah sendiri ikan asam pedas, berikut resep yang diberikan oleh chef Restoran Harbour Bay Seafood. Selamat mencoba! (*)

Resep Ikan Asam Pedas
Bahan:
1 kg ikan kakap atau ikan ungar
100 gram nanas
100 gram terong ungu
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 batang serai
2 sdt air asam jawa
30 buah cabai kering
1 cm kunyit
1 cm jahe
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara Pembuatan:
1. Rendam cabai merah kering hingga lembut
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai kering, jahe, serai dan kunyit
3. Rebus air secukupnya. Masukan bumbu aduk hingga rata.
4. Setelah mendidih, masukan ikan ke dalamnya. Masak hingga daging ikan matang
5. Masukan terong dan nenas. Aduk hingga rata
6. Setelah semua matang, masukan garam dan penyedap rasa sesuai selera. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer