Kanal

Mengejutkan! Realisasi Fisik DPU Tanjungpinang Kalah dari Dinas Pertanian! Ada Apa?

Penjabat Walikota Tanjungpinang panen jambu air di sekolah pertanian Bukit Manuk, Kamis (26/4/2018) - tribunbatam/munirul ikhwan

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG- Realisasi pekerjaan fisik di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang pada caturwulan pertama 2018 mencapai 25,48 persen. Sedangkan realisasi keuangan mencapai 18,84 persen.

Capaian tersebut diketahui berdasarkan hasil monitoring Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) Kota Tanjungpinang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari serapan dan realisasi anggaran 33 Organisasi Perangkat Daerah.

Baca: Harga Daging Sapi Hantui Diskoperindag Bintan, Pegawai Terpaksa Pasang Mata di Pasar-pasar!

Baca: Meredam Tensi Persaingan Pilwako Selama Ramadan, Ini Siasat Kapolres Tanjungpinang!

Hal ini sebagaimana disampikan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang Teguh Susanto.

Menurutnya, realisasi fisik terbesar berada di Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan dengan angka sebesar 59,98 persen. Kemudian beberapa OPD yang memiliki angka realisasi fisik anggaran cukup tinggi

antara lain Dinas Lingkungan Hidup sebesar 40 persen, Dinas Pendidikan sebesar 39,80 persen, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat sebesar 36,47 persen.

Baca: Bak Pegulat, Sergio Ramos Banting Mo Salah Hingga Terkapar, Sindiran Legenda Bola Inggris Menohok!

Baca: Mengharukan! Temukan Uang Rp20 Juta, Tukang Sampah Jujur di Yogya Ini Keliling Mencari Pemiliknya!

“Tercapainya realisasi fisik lebih dari 25 persen pada caturwulan pertama tahun anggaran 2018 tersebut memperlihatkan bahwa pemerintah Kota Tanjungpinang

terus bekerja sebagaimana mestinya. Dengan tingginya realisasi fisik itu diharapkan mampu menjadi katalis pergerakan perekonomian daerah,” katanya, Minggu (27/5/2018).

Penjabat Walikota Tanjungpinang panen jambu air di sekolah pertanian Bukit Manuk, Kamis (26/4/2018) (tribunbatam/munirul ikhwan)

Dari beberapa OPD yang memililki realisasi fisik tinggi tidak terdapat nama dinas pekerjaan umum yang identik dengan pekerjaan infrastruktur.

Karena Per 30 April 2018, realisasi fisik dinas pekerjaan umum baru mencapai angka 10 persen. Capaian realisasi fisik anggaran dinas PU yang relatif rendah tersebut, menurut Teguh disebabkan oleh banyaknya kegiatan

pada dinas tersebut yang didanai atau bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Hingga pelaksanaan pekerjaan infrastruktur tertentu harus menunggu proses administrasi yang cukup panjang.

Baca: Jangan Remehkan! Agar Pencernaan Nyaman, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa!

Baca: Keluhkan Bau Mulut saat Jalankan Ibadah Puasa? Jangan Panik, Ikuti Saja 4 Tips Kesehatan Gigi Ini!

Namun rendahnya realisasi fisik anggaran dinas pekerjaan umum itu, setidaknya dapat tertutupi oleh capaian realisasi fisik anggaran Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan

yang juga identik dengan pekerjaan infrastruktur. Realisasi fisik anggaran dinas perkim per 30 April 2018 mencapai angka 25 persen, dan realisasi fisik anggaran BLUD RSUD sebesar 30 persen.

“Capaian realisasi fisik dan keuangan APBD Tanjungpinang yang cukup signifikan tersebut, sekaligus menjadi jawaban atas adanya tudingan yang mengatakan Pemerintah Kota memperbanyak kegiatan seremonial. Dasarnya apa, kita juga tidak tahu.

Namun berdasarkan serapan anggaran hingga akhir April lalu yang secara umum relatif tinggi, pemerintah masih berada pada treknya,” jelas Teguh. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah

Video Detik-detik dan Kronologi Anggota TNI Dikeroyok 7 Petugas Parkir setelah Terlibat Cekcok

Berita Populer