Kanal

Mutiara Air Tawar Terbesar di Dunia yang Pernah Dibawa ke Jakarta, Dilelang Rp5,1 M di Belanda

Mutiara air tawar yang diklaim terbesar di dunia dengan berat 120 gram dan diameter tujuh sentimeter terjual dengan harga Rp 5,1 miliar. - AFP

TRIBUNBATAM.id, DEN HAAG - Sebuah rumah lelang di Belanda berhasil menjual sebuah mutiara air tawar dengan harga tinggi yakni 320.000 euro atau lebih dari Rp 5,1 miliar.

Mutiara tersebut bernilai tinggi karena diklaim sebagai terbesar di dunia.

Dilansir AFP, Kamis (31/5/2018), mutiara yang juga dikenal dengan nama Mutiara Singa Tidur, karena bentuknya yang unik, tersebut diperkirakan terbentuk pada abad ke-18 di perairan Cina.

Bahkan banyak yang kemudian mengaitkannya dengan Sungai Zhujiang yang berarti Sungai Mutiara di Cina selatan sebagai tempat terbentuknya mutiara tersebut.

Para juru lelang mengatakan, mutiara tersebut memiliki berat sekitar 120 gram dengan ukuran diameter hampir tujuh sentimeter.

Mutiara Singa Tidur ini dianggap sebagai salah satu dari tiga mutiara terbesar yang pernah ditemukan di dunia.

Mutiara itu ditawarkan dalam pelelangan yang digelar rumah lelang Venduehuis, di Den Haag, Belanda.

Mutiara air tawar yang diklaim terbesar di dunia dengan berat 120 gram dan diameter tujuh sentimeter terjual dengan harga Rp 5,1 miliar. (AFP)

Lelang mutiara tersebut dimenangkan seorang pedagang asal Jepang, yang tak diungkapkan namanya, dengan harga 320.000 euro.

Namun ditafsir nilai mutiara tersebut dapat mencapai 340.000 hingga 540.000 euro (sekitar Rp 8,7 miliar).

Pernah Dibawa ke Jakarta

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer