Kanal

KPU Tidak Libur! Lebaran Ketiga, KPU Tanjungpinang Pleno DPS Pemilu 2019!

Ilustrasi - KOMPAS.COM

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang akan melakukan pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019 pada lebaran ketiga, Minggu (17/6/2018).

Jadwal pleno tersebut merupakan batas akhir untuk tahapan pemilu 2019 untuk penetapan DPS.

Baca: Terungkap! Inilah 5 Kecelakaan Pesawat Paling Tragis di Indonesia, Nomor 3 Pilot Diduga Bunuh Diri!

Baca: Terungkap! Bukan Asli Singapura? Inilah Sejarah Pasukan Gurkha, Penjaga KTT Trump dan Kim Jong Un!

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria mengatakan, KPU memang tidak mengenal hari libur Lebaran dalam menjalani tahapan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) dan pemilu 2019.

"Bagi KPU walaupun orang lain sedang libur lebaran, KPU tetap melaksanakan tahapan Pemilu dan Pilkada. Kami tidak libur," katanya, kamis (7/6/2018).

Adapun jumlah DPS yang akan ditetapkan sebanyak 141.777 pemilih. Jumlah tersebut, kata Robby, berasal dari DPT Pilkada Tanjungpinang 2018 ditambah dengan pemilih pemula yang berjumlah dua ribu lebih.

Pihaknya akan mengundang seluruh partai peserta pemilu dan pihak yang berkepentingan dalam pemilu untuk sama-sama mencermati data DPS. Setelah DPS ditetapkan,

maka tahapan selanjutnya KPU bersama dengan PPS akan mengumumkan seluruh data DPS di kantor kantor lurah guna dilihat oleh warga.

"Pemilih yang tidak masuk dalam daftar pemilih sementara bisa dimasukkan ke dalam daftar pemilih sementaar hasil perbaikan. Setelah itu ditetapkan menjadi DPT," katanya.

Memang, jelasnya, ada kenaikan jumlah pemilih pada Pemilu 2019 nanti dibandingkan dengan DPT Pilkada.

Karena ada tambahan pemilih pemula dan nantinya di tanggal 27 Juni pemilih dengan menggunakan KTP el dan suket.

"Yang penting untuk Pemilu 2019, lanjutnya, warga harus punya KTP elektronik. Tanpa itu, maka tidak dibenarkan menggunakan hak pilih," katanya.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah

Kondisi Rumah Angel Lelga Pasca-digerebek, Didatangi Polisi hingga Bawa Bungkusan usai Penggeledahan

Berita Populer