Kanal

Pendaftaran SMP Negeri di Tanjungpinang Terapkan Sistem Zonasi. Ini SMP dan Zonasinya!

Ilustrasi - DIKBUD

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Tanjungpinang dilaksanakan dengan sistem zonasi. Dinas Pendidikan membagi SMP Negeri menjadi enam zona pendaftaran.

Sedangkan untuk sekolah swasta dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri tidak dibatasi zonasinya. Sehingga masyarakat bebas mendaftar di sekolah yang tidak dibatasi zonanya ini.

Baca: Terungkap! Inilah Rahasia di Balik Ketangguhan Pasukan Berkuda Persia Kuno di Medan Perang!

Baca: Mengenal Jenderal Hoegeng, Kapolri Paling Legendaris di Kepolisian. Ini Sepak Terjangnya!

Baca: Pleno Rekapitulasi Hasil Pilwako Pinang di 4 Kecamatan Selesai, Ini Perolehan Suaranya!

Baca: Jangan Panik! Penyakit Asam Urat Dapat Diatasi Pakai 3 Ramuan Alami! Ini Rahasia Membuatnya!

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjuhngpinang Dadang AG menjelaskan pendaftaran digelar serentak pada 2-4 Juli 2018. Dengan sistem zonasi ini diharapkan tidak terjadi penumpukan pendaftar di sekolah tertentu.

"Semua sekolah sama. Jadi masyarakat harus mendaftarkan anaknya di sekolah terdekat dengan tempat tinggalnya," katanya, Minggu (1/7/2018).

Dadang menegaskan, tidak ada sekolah favorit dan unggulan. Semua sekolah sudah hampir merata mutu dan kualitasnya. Sehingga masyarakat diminta untuk memahami hal tersebut.

Adapun zona yang ditetapkan yakni Zona 1 yakni SMP Negeri 1, 3 dan 8. Zona ini mencakup wilayah sekitar sekolah, Kelurahan Tanjungpinang Barat, Kelurahan Tanjungpinang Kota, Bukit Cermin dan Kampung Baru.

Kemudian zona 2 yakni SMP 5, 10 dan 15 mencakup wilayah sekitar sekolah, Kelurahan Kamboja, Bukit Cermin, Kelurahan Tanjungpinang Timur, Tanjung Unggat dan Kampung Bulang.

Zona 3 yakni SMP 2, 4, 6 dan 13 dengan zona sekitar wilayah sekolah, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Sei Jang, Kelurahan Tanjungpinang Timur, Dompak, Melayu Kota Piring dan Kampung Bulang.

Selanjunya zona 4 yakni SMP 2, 7, 12 dan 16 yakni wilayah sekitar sekolah, Kelurahan Batu IX, Pinang Kencana dan Air Raja. Zona 5 yakni SMP 11, 14 dan As Sakinah, Wilayah Sekitar sekolah, Senggarang dan Kampung Bugis.

Kemudian zona 6 yakni SMP Negeri 9 untuk Kelurahan Penyengat.

Dadang berharap masyarakat bisa mendaftar sesuai zona tersebut.

"SMP dan MTs yang ada cukup untuk menampung jumlah siswa lulusan SD. Dengan catatan orang tua tidak semuanya memaksakan diri untuk masuk ke sekolah negeri," katanya. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah

Hasil Final Polling Mata Najwa di 3 Sosmed, Prabowo-Sandi Unggul dari Jokowi-Ma'ruf Amin

Berita Populer