Kanal

Mengenal Cupeng, Penangkal Selingkuh Paling Terkenal di Semenanjung Malaya! Di Sini Pakainya!

Cupeng - cloudfront

TRIBUNBATAM.ID-Pada zaman Majapahit diperintah oleh Raja Hayam Wuruk, para wanita yang berprofesi sebagai pemijat pernah diwajibkan mengenakan celana bergembok.

Salah satu bentuknya adalah celana berbahan logam yang dilengkapi semacam kunci. Kunci tersebut kemudian dipegang oleh suami atau kerabat si suami.

Kurang begitu jelas apa maksud penggembokan tersebut, namun diduga lantaran suami takut istrinya berbuat serong atau berselingkuh.

Baca: Inilah Bajak Laut Paling Ditakuti di Samudera Indonesia! Makamnya Ramai Peziarah!

Baca: Survei LSI: Tiga Kombinasi Nama Ini Bakal Jadi Lawan Kuat Jokowi di Pilpres 2019

Ilustrasi (Kompas.com)

Baca: TNI AU Nyaris Tembak Jatuh Jet Tempur AS Penyusup Setelah Kepergok Nyelonong ke Bawean!

Baca: Jelang Pencapresan! Cawapres Ideal Jokowi versi LSI Denny JA, Mengerucut pada Empat Tokoh Ini

Di Eropa pun, penggembokan celana konon sudah dikenal pada awal abad Masehi. Buktinya ditemukan sejumlah peninggalan bangsa Romawi yang memperlihatkan gambar wanita sedang mengenakan celana pendek unik.

Kemungkinan celana itu merupakan pelindung dari upaya-upaya jahil kaum pria.

Bukti arkeologi dan tenografi menunjukkan, celana bergembok atau berkunci pada awalnya merupakan benda upacara yang dipakai oleh anak wanita kecil.

Di Aceh, benda semacam itu dinamakan cupeng. Fungsinya sebagai penutup kelamin anak wanita. Bentuknya seperti hati dan pemasangannya diikat dengan benang pada perut si anak.

Cupeng (cloudfront)

Pernah ditemukan artefak cupeng berbahan emas 22 karat, berukuran tinggi 6,5 cm, dan lebar 5,8 cm. Kini cupeng tersebut menjadi koleksi Museum Nasional di Jakarta.

Melihat bahannya, kemungkinan besar cupeng itu digunakan oleh orang yang cukup terpandang. Cupeng itu pun penuh dengan ukiran.

Pinggirannya berhiaskan motif tapak jalak, bagian tengah bermotif bunga teratai dikelilingi deretan bunga bertajuk empat helai dalam bentuk belah ketupat. Bagian tengah bunga tadi bermatakan jakut merah.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Grid.ID

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer