Kanal

KPU Anambas Dapati Seorang Mantan Warga Binaan Ikut Nyaleg. Ini Kasusnya!

Ilustrasi - KOMPAS.COM

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas menemukan seorang mantan warga binaan mencalonkan diri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) pada Pemilihan Legislatif 2019.

Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, Novelino mengatakan, bacaleg tersebut sebelumnya pernah tersandung kasus politik uang (money politic) pada Pemilihan Legislatif 2014 dan divonis bersalah.

Baca: Revonasi Pasar Induk Jodoh Bisa Tampung 2 Ribu Pedagang. Walikota Rudi Segera Temui Mendag

Baca: Nasabah Diduga Bakar Kantor Leasing di Medan. Pelaku Melarikan Diri, 4 Orang Dirawat

Baca: Pelaku Pembakaran Kantor Leasing di Medan Protes Mobilnya Ditarik. Ini Identitasnya

"Dari berkas yang masuk kepada kami dan kami lakukan verifikasi, ‎terdapat satu bakal calon legislatif yang diketahui pernah dipidana," ujar Novelino, Jum'at (20/7/2018).

Divisi Teknis KPU Anambas ini menjelaskan, mantan warga binaan boleh mencalon diri dengan syarat harus menyertakan surat keterangan dari Pengadilan Negeri dan diumumkan di media massa agar diketahui oleh khalayak ramai.

"Kecuali untuk mantan warga binaan kasus narkoba, aturannya melarang," kata Novelino.

Namun sampai saat ini, bacaleg tersebut tak kunjung menyerahkan surat keterangan dari PN dan bukti pengumuman di media massa ke KPU Kabupaten Kepulauan Anambas.

Novelino pun berharap bacaleg tersebut dapat melengkapi persyaratan yang diminta saat masa perbaikan berkas 22-31 Juli 2018. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Rachta Yahya

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer