Kanal

KPU Kepri Ungkap Banyak Bacaleg Tidak Lengkap Persyaratan, Ini Jadwal Perbaikan

Ilustrasi - KOMPAS.COM

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Hampir semua persyaratan bakal calon legislatif (Bacaleg) Kepri yang diajukan oleh 16 partai politik tidak lengkap.

KPU Kepri memberikan waktu selama 22-31 Juli 2018 kepada semua partai politik untuk melengkapi berkas Bacaleg tersebut.

Komisioner KPU Kepri Arison mengatakan ada beberapa persyaratan yang paling banyak tidak disertakan oleh Bacaleg dalam berkasnya. Misalnya surat bukti hasil pemeriksaan, surat catatan kepolisian, nomor urut Bacaleg dan lain-lain.

Baca: Kasus Kalapas Sukamiskin, Inneke Koesherawati Menangis Seusai Diperiksa di Gedung KPK

Baca: Inilah 3 Pasukan Khusus Dunia Rujukan Pembentukan Sat Gultor 81 Kopassus, Begini Kisahnya

Baca: Inilah Kisah Mata Hari, Mata-mata Cantik Keturunan Jawa yang Mengguncang Eropa!

Baca: Kapal Pengangkut Emas Senilai Rp 1.600 Triliun Sengaja Ditenggelamkan Ketemu, Begini Emasnya!

"Paling banyak ditemukan adalah tidak ada surat bukti pemeriksaan. Kami hanya menerima surat keterangan bahwa Bacaleg ini sehat.

Tetapi kami juga membutuhkan lampiran bukti pemeriksaan," jelas Arison dalam Penyampaian Berita Acara Hasil Verifikasi Keabsahan Berkas Anggota DPRD Kepri Pemilu 2019 di Kantor KPU Kepri, Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang, Sabtu (21/7) sore.

Arison menjelaskan, Bacaleg yang menyertakan surat keterangan kesehatan dari RSUP Kepri dan RS Embung Fatimah, kedua RS yang direkomendasikan oleh KPU RI, tidak perlu dimintai lagi lampiran bukti pemeriksaan. Sebab, kedua RS ini sudah dengan sendirinya menyertakan lampiran bukti pemeriksaan.

Namun, selain surat keterangan kesehatan dari dua RS tersebut, KPU Kepri tidak menemukan lampiran bukti pemeriksaan. Karena itu, Bacaleg diminta untuk melampirkan juga surat bukti pemeriksaan dari RS di mana dia memeriksakan kesehatannya.

"Ini perlu diperhatikan Bacaleg. Sebab, syarat kesehatan tidak lengkap bisa dibatalkan," tegas Arison.

Selain itu, banyak Bacaleg juga tidak menyertakan surat catatan kepolisian. Padahal surat tersebut seharusnya ikut disertakan dalam berkas setiap Bacaleg.

Beberapa Bacaleg juga tidak mencantumkan surat pengunduran diri dari partai politik sebelumnya. KPU Kepri tidak mau masuk dalam polemik pindah partai politik tetapi hanya menerima surat pengunduran diri dari partai politik sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Thom Limahekin
Editor: Agoes Sumarwah

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer