Kanal

Nikmati Steak Iga Sapi, Gurihnya Bikin Nagih

- TRIBUNBATAM/ISTIMEWA

STEAK selalu identik dengan tenderloin steak atau sirloin steak. Padahal, sebenarnya ada bagian lain dari sapi yang bisa dijadikan steak. Seperti salah satu menu yang disajikan Harris Resort Barelang, yaitu Surf and Turf.

Dalam hidangannya terdapat rib eye steak (steak iga sapi), king prawn, dan mashed potato. Jadi untuk menemani daging steak bisa mashed potato, wedges potato, atau fried fries.

"Steak tidak hanya dari tenderloin atau siroin tetapi pada daging sekitar tulang iga juga enak dijadikan steak. Dagingnya juga terasa lembut. Dan termasuk daging yang premium juga," kata Jarot, chef di Rocksalt Beach Club & Bistro, Harris Resort Barelang.

Daging rib eye yang lembut akan terasa sangat nikmat dengan juicy-nya king prawn. Tidak sekadar tambahan, udang yang diolah dengan cara di-grill akan membuat udang terasa lembut dan sedikit gurih pada kulit luarnya.

"Tambahannya bisa dengan tomat yang di-grill. Kalau yang tidak suka bau amis seafood bisa ditambah dengan perasan lemon di atasnya. Jadi kesannya juga lebih fresh," ungkapnya.

Untuk penyajian surf and turf atau perpaduan daging dengan seafood, yakni penggabungan potongan daging steak, mashed potato, bersama udangnya bisa dinikmati bersama mushroom saus atau saus jamur. (*)

Rib Eye Steak & King Prawn
Resep by: Rocksalt Beach Club & Bistro, Harris Resort Barelang
Bahan:
180 gram rib eye
120 gram kentang, potong dadu. Lalu kukus
3 ekor udang ukuran besar
100 cc susu cair
1/2 potong buah tomat
1 potong lemon
Butter secukupnya
Garam secukupnya
Lada hitam secukupnya
Keju secukupnya

Cara Pembuatan:
1. Grill rib eye dengan garam dan lada hita hingga matang tetapi juicy. Sisihkan
2. Kentang yang sudah dikukus, hancurkan dengan garpu. Aduk rata menggunakan butter
3. Panaskan susu cair, masak bersama kentang yang sudah halus sampai susu meresap dengan kentang. Berikan garam sesuai selera
4. Grill tomat dan udang dengan tambahan salt dan lada hitam bubuk secukupnya.
5. Hidangkan mashed potato, rib eye steak, udang. Dan nikmati dengan saus jamur atau mushroom sauce. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer