Kanal

Benarkah Asuransi Cocok untuk Investasi? Simak Pembahasannya Yuk!

- TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

ASURANSI bukan hal asing lagi dan cukup banyak peminatnya. Bagi sebagian orang, asuransi dinilai bisa dijadikan sarana investasi dan media untuk menabung.

Lantas, benarkah asuransi memang bisa jadi media untuk berinvestasi terutama bagi kalangan mellennials?
Selly NG, seorang nasabah sebuah asuransi mengaku jika asuransi bisa mengajarkannya tentang menabung. Apalagi, saat ini biaya berobat makin tidak murah.

"Agak ngeri juga dengan biaya berobat zaman sekarang. Apalagi, sekarang sakit tidak memandang usia. Jadi ikut asuransi supaya bisa protect diri sendiri," ujarnya.

Pendapat sama juga diungkapkan Defika. Karyawati swasta di salah satu perusahaan swasta di Batam ini mengatakan bahwa asuransi sudah jadi investasi baginya. Bahkan, asuransi menjadi bisnis pertamanya setelah lulus dari sekolah.

"Bisa menjadi tempat menabung dan investasi. Sekaligus bisa meringankan orangtua saya karena saya akan protect diri saat tengah sakit," ungkapnya.

Baca: Melukis Alis Pakai Henna, Tampil Cantik Tanpa Rasa Sakit

Baca: Bosan Wajah Kusam? Coba Dulu Perawatan Satu Ini

Baca: Bertubuh Pendek Tapi Kaki Tetap Terlihat Jenjang. Ingin Tahu Rahasianya?

 

Sementara, untuk menghindari masalah di kemudian hari, Dedi, seorang pemilik usaha yang bergerak di bidang travel ini mengaku lebih mempercayakan asuransinya pada bank. Karena saat ada permasalahan maka akan mudah untuk dibuat pengaduan.

"Ada trauma kalau sama agen gitu, karena pernah coba setelah itu agennya menghilang. Jadi kalau ada masalah bingung mau mengadu ke mana," ungkapnya.

Bagi kalangan mellenial, Kelly Chee Han Phua, senior agency manager of AIA menyarankan untuk mereka memilih asuransi kesehatan lebih dulu.

"Usia mellennial rata-rata belum berkeluarga, jadi hasil kerja bisa digunakan untuk melindungi diri sendiri, menanggung pengobatan diri sendiri. Sakit tidak mengenal usia. Maka sudah harus diperhatikan sejak dini. Ini agar tidak membebani orangtua lagi," ujarnya.

Selain belajar mandiri dengan menyisihkan uang kerja, asuransi juga diklaim bisa menjadi cara belajar tekun dalam menabung dan asuransi juga bisa menjadi invetasi bagi kita. Karena beberapa produk asuransi selain untuk kartu berobat, juga bisa menjadi investasi bagi kita.

Bagi yang takut tertipu, menurut Kelly sebenarnya penipuan tidak akan terjadi jika kita teliti saat memilih untuk mempunyai asuransi, dan tidak sembarangan pula percaya pada agen asuransi.

"Asuransi kenapa banyak yang takut dan dikatakan bohong. biasanya karena salah di agen yang tidak menjelaskan mengenai produk asuransinya. Dan jika ada kejanggalan maka akan dicari agennya dan ujung-ujungnya saling menyalahkan. Dan juga yang dijanjikan tidak jelas, tidak sesuai perjanjian di awal," ungkapnya.

Jadi kamu perlu teliti memilih agen, usahakan sampai benar-benar paham dengan produk asuransi yang ditawarkan. Meskipun agen yang menawarkannya adalah teman kita sendiri.

"Ini termasuk usaha tanpa modal, tinggal bayar untuk ujian. Dengan modal relasi. Maka kamu sudah bisa berpenghasilan. Dan asuransi juga punya reward yang diberikan kepada mereka yang mencapai target," katanya, Kamis (26/7). (*)

Tips
Cermat Pilih Asuransi
1. Pilih asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan
2. Tanyakan potongan akuisisi sebelum membeli produk asuransi
3. Jika ditinggal oleh agen, maka tidak perlu takut. Cukup datang ke kantor, tempatmu berasuransi. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani

Warga Gerebek Guru Honorer Asal Madura yang Cabuli Siswi SMP di Dalam Mobil, Awal Kenalan di Medsos

Berita Populer