Kanal

38 Bacaleg DPRD Kepri Dicoret dari Daftar, 1 Mantan Napi Koruptor dan Lainnya tak Penuhi Syarat

Sejumlah pengurus partai melengkapi berkas bakal calon legislatif di KPU Batam, Selasa (31/7/2018), hari terakhir perbaikan verifikasi Bacaleg peserta pemilu 2019. - TribunBatam.id/Dewangga Rudi

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG- Sebanyak 38 dari 581 bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kepri tidak memenuhi syarat pencalonan.

Ketua KPU Kepri Sriwati memastikan para Bacaleg tersebut berasal dari lima partai politik, Gerindra, Berkarya, Hanura, PBB dan PKPI.

"Mereka ini tidak lakukan perbaikan sama sekali dan tidak ada berkasnya," ucap Sriwati kepada awak media di Kantor KPU Kepri Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang, Jumat (3/8/2018) sore.

Sriwati merincikan, Gerindra mempunyai dua Bacaleg yang tidak memenuhi syarat, Berkarya memiliki satu Bacaleg, Hanura ada enam Bacaleg, PBB ada 25 Bacaleg, dan PKPI ada empat Bacaleg.

Jumlah ini bisa bertambah lagi ketika ada masukan dan gugatan dari masyarakat terhadap Bacaleg tersebut.

"Jadi saat ini ada 543 Bacaleg yang memenuhi syarat pencalonan," tegas Sriwati lagi.

Baca: Pernah Terlibat Kasus Korupsi, Wakil Ketua DPRD Jakarta M Taufik Dicoret KPU dari Daftar Bacaleg

Baca: Berapa Uang yang Dihabiskan untuk Nyaleg? Ini Hasil Riset dan Pengakuan Para Bacaleg

Baca: Sejumlah Patrpol Masih Lengkapi Berkas Bacaleg di Kantor KPU Batam. Banyak Calon Gugur

Sementara itu, komisioner yang membidangi Divisi Program dan Data KPU Kepri Rio Handoko menyebutkan ada alasan lain mengapa 38 Bacaleg itu dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Dia memaparkan, ada 17 Bacaleg yang tidak menyerahkan sama sekali berkas syarat calon dan 15 Bacaleg hanya sekadar menyerahkan formulir BB1, BB2, KTP, KTA partai, atau pas foto.

Selain itu, ada satu Bacaleg berlatarbelakang narapidana korupsi, satu Bacaleg kurang surat keterangan pengadilan, dan satu Bacaleg kurang melampirkan ijazah SMA.

"Selanjutnya, dua Bacaleg gugur karena partai politiknya tidak berhasil memenuhi ketentuan keterwakilan 30 persen perempuan di daerah pemilihannya dan satu Bacaleg lagi karena sudah terdaftar di partai politik lain dan daerah pemilihan lain," tambah Rio. (*)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Sri Murni

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer