Kanal

Gratis dan Terbuka untuk Umum, TNI AL Tanjunguban Pamerkan 8 Unit Kapal Perang

Kapal perang Indonesia di pangkalan TNI AL Tanjunguban, Bintan, Minggu (19/8/2018). TRIBUN BATAM/TNI AL TANJUNGUBAN -

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG- Memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan Indonesia, markas TNI Angkatan Laut (AL) Mentigi di Tanjunguban, Kabupaten Bintan menggelar "Open House" atau Naval Base Open Day (NBOD).

Namun Open House di sini bukan seperti acara makan bersama pada umumnya melainkan mempersilakan warga umum untuk melihat fasilitas di dalam markas TNI AL tersebut.

Acara tersebut difasilitas Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi bersama Satuan Kapal Cepat (Satkat) Komando Armada I (Koarmada) I.

Kegiatan NBOD itu yang dilaksanakan selama 2 hari ini, Sabtu-Minggu (19-20/8/2018).

Baca: Ternyata Turki Miliki Kapal Perang Siluman Buatan Sendiri. Inilah Kehebatannya

Baca: Ditemukan, Kapal Perang Rusia yang Karam 113 Tahun Lalu Diduga Bermuatan Harta Karun Emas

Baca: Diburu Kapal Perang Belanda, Begini Manuver Kapal Selam TNI AL RI Nagabanda Meloloskan Diri

Pada NBOD itu mengenalkan warga dengan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) berupa kapal perang (KRI).

Pengunjung dipersilahkan melihat langsung dari dekat keberadaan markas TNI AL Fasharkan Mentigi sekaligus bisa menaiki kapal perang yang sedang sandar di dermaga dalam rangkaian open ship unsur-unsur Satkat Koarmada I.

Sedikitnya delapan KRI yang dipersiapkan sebagai tontotan umum.

Kedelapan KRI itu antara lain KRI Barakuda-633, KRI Clurit-641, KRI Kujang-642, KRI Beladau-643, KRI Alamang-644, KRI Surik-645, KRI Siwar-646, dan KRI Parang-647.

Acara tersebut gratis dan terbuka untuk umum.

Meski begitu, Kepala Fasharkan Mentigi Kolonel Laut Mulyatna tetap meminta masyarakat untuk menggunakan pakaian yang rapi hal tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada prajurit yang sedang melaksanakan dinas jaga.

Di samping itu demi kenyamanan serta keselamatan selama berada di Markas TNI AL.

kapal perang ()

"Satkat telah menyiapkan delapan KRI untuk menerima kunjungan warga masyarakat Bintan. Kedelapan KRI tersebut diantaranya KRI Barakuda-633, KRI Clurit-641, KRI Kujang-642, KRI Beladau-643, KRI Alamang-644, KRI Surik-645, KRI Siwar-646, dan KRI Parang-647," kata Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Laut Sirilus Arif Susbintoro,  Minggu (19/8/2018).

Ia menambahkan bahwa kapal-kapal perang tersebut saat ini kebetulan berada di pangkalan Mentigi karena selesai melaksanakan operasi sekaliguas akan melakukan perawatan rutin.

"Seluruh KRI tersebut sudah bersolek dengan memasang bendera hias untuk menyambut pengunjung dan masyarakat Bintan," kata Sirilus. (*)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Rachta Yahya

Video Pernikahan Komisaris PT Jamu Jago, Menikah Usia 84 Tahun dan Adakan Resepsi Mewah di Semarang

Berita Populer