Kanal

Realisasi Palapa Ring Barat di Anambas Jalan di Tempat, Masih Berstatus Trial

Project overview Palapa Ring Barat. Pemerataan akses bandwidth guna mendukung telekomunikasi mutlak diperlukan pada tiga pulau besar di Anambas. - tribunbatam/septyan mulia rohman

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Realisasi program Palapa Ring Barat (PRB) di Anambas masih jalan di tempat. Pemerintah Daerah masih menunggu regulasi yang dikeluarkan oleh Kementrian Keuangan mengenai pengaturan tarif bandwidth yang nantinya akan digunakan oleh sejumlah operator yang menggunakan jaringan PRB.

"Kami masih menunggu dan menunggu. Memang untuk pengaturan tarif itu di level pusat. Kami hanya meminta agar regulasi ini bisa dipercepat," ujar Kepala Dinas Komunikasi, informatika dan statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal Minggu (19/8/2018).

Ia menjelaskan, setelah regulasi mengenai tarif keluar, kementrian terkait menurutnya bisa menunjuk operator yang akan masuk. Banyaknya provider yang akan menggunakan jaringan Palapa Ring Barat, diakuinya akan semakin bagus selain memberikan pilihan kepada konsumen juga memberikan semangat kompetitif dalam memberikan layanan telekomunikasi di Anambas.

Palapa Ring Barat pun, diakuinya memang mengalokasikan bandwidth meski masih berstatus trial (ujicoba). Meski sempat dikeluhkan karena kondisnya yang sempat mengalami gangguan, namun pihaknya mengklaim hal tersebut sudah mendapat penanganan.

‎Melalui pimpinan pun, Pemerintah Daerah sudah melayangkan surat kepada perwakilan Palapa Ring Barat untuk mengalosikan bandwidthnya pada sejumlah titik agar dapat dinikmati secara merata oleh masyarakat.

Baca: Komentari Stuntman Jokowi, Fadli Zon : Johny Pemanjat Tiang Bendera Jauh Lebih Heroik

Baca: Hotman Paris Minta Johny Pemanjat Tiang Bendera Cari Uang Rp 50 Juta Dalam Mobil Lamborghini

Baca: Telur Ayam Ludes Diborong Ibu-ibu, Ini Harga yang Ditawarkan Disprindag Batam

"Sampai sekarang, memang masih sangat terkendala bandwidth. Mengenai jumlah bandwidth yang dilepas untuk trial ini juga belum bisa dipastikan. ‎Yang jelas, Pemerintah Daerah meminta apabila beroperasi agar meminta titik oasi publik untuk dapat diratiskan untuk bandwidthnya untuk wifi publik," bebernya.

Seperti diketahui, proyek Palapa Ring Barat (PRB) yang memuat Anambas didalamnya memang menjadi salahatu program strategis nasional di bidang telekomunikasi. Menteri Komunikasi dan informatika Republik Indonesia Rudiantara pun, sampai meninjau proyek Palapa Ring Barat tepatnya di NOC yang berlokasi di Air Padang Kecamatan Siantan beberapa waktu lalu.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto

Video Detik-detik Harimau Muncul di Pasar hingga Terjebak di Kolong Ruko, Memangsa Kambing dan Ayam

Berita Populer