Kanal

BP Batam Bakal Bentuk Unit Khusus Pariwisata, Ini Bocorannya!

Peserta berlari menolong rekan mereka yang terkilir menjelang garis finis saat mengikuti BP Batam Barelang Brigde International Marathon di Jembatan Raja Haji Fisabilillah atau biasa dikenal jembatan satu barelang, Batam, Minggu (10/12). BP Batam Barelang Brigde Marathon diikuti 19 negara serta diramaikan kategori khusus yaitu Pelajar, TNI dan Polri. - Tribunbatam.id

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Badan Pengusahaan (BP) Batam akan memiliki unit tugas baru. Tugasnya tidak hanya untuk mengembangkan pariwisata di Batam.

"Namanya nanti bukan biro pariwisata. Tetapi biro pengembangan ekonomi kreatif," kata Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto, baru-baru ini di BP Batam.

Nantinya unit tugas baru ini akan berada di salah satu kedeputian di BP Batam. Soal realisasinya, Bambang belum bisa memastikan kapan waktunya.

Baca: Kemenag Batam: Data Sementara Hewan Kurban di Batam, Sapi 898 Ekor. Kecamatan Sagulung Terbanyak

Baca: Kapal Kandas Kerap Terjadi Perairan Kepri, Ini Analisa Basarnas Tanjungpinang

Baca: Tanjungpinang Banjir Kedai Kopi Berfasilitas Wifi, Ini Alasan di Baliknya

Mengingat saat ini, BP Batam juga masih menunggu undangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Itu terkait rapat lanjutan pembentukan unit tugas baru ini.

"Kami masih menunggu undangan dari Kemenpan untuk rapatnya. Sebelumnya, kami sudah beberapa kali membahas soal ini dengan Kemenko Perekonomian dan KemenPAN RB," ujarnya.

Isi pertemuan itu, lebih ke tugas pokok unit baru tersebut. Semula rencananya akan diberi nama biro pariwisata.

Berikut fungsi dan strukturnya. Kemudian dari hasil pertemuan tersebut, disarankan diubah menjadi biro pengembangan ekonomi kreatif.

Deputi V Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto bersama Ketua Pelaksana BP Batam Barelang Bridge International Marathon 2017 Richard Nainggolan dan Pemimpin Perusahaan Tribun Batam, Danang Purwoko Raharjo. (TRIBUNBATAM/ZABUR A)

Di sisi lain, Bambang tak ambil pusing dengan adanya pergantian menteri di KemenPAN RB. Ia tetap optimistis unit tugas baru bisa terealisasi.

"Kan di bawah-bawah (menteri) nya masih ada," kata Bambang.

Ia melanjutkan, pembentukan unit baru ini didasari amanah Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2000 terkait Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Untuk mengoptimalkan pariwisata Batam perlu membentuk unit khusus yang menangani terkait pariwisata dan hal lainnya yang memiliki potensi untuk penggerak ekonomi Batam.

"Jadi kegiatan yang akan kami lakukan ini mendukung kegiatan pariwisata dan lainnya di Pemko Batam untuk masyarakat," ujarnya. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer