Kanal

Jadi Daya Tarik Tersendiri, Produk kreatif Anambas Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Wisatawan mancanegara peserta yacht rally saat mencicipi makanan tradisional khas Anambas. Sail Anambas 2018 ini dimulai pada tanggal 31 Mei hingga 4 Juni 2018 dengan melibatkan sejumlah peserta dari berbagai negara - Dokumentasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Produk kreatif dari Anambas diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Anambas.

Tengku Marisa Ariani Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat pada Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia mengatakan, ciri khas yang dimiliki Anambas bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang ke Anambas.

"Harus ada kreasi dan produk yang khas paling tidak menjadi buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung sehingga ada dampak secara ekonomi dan sisi pariwisata di sana," ujarnya Minggu (19/8/2018).

Ia pun mengapresiasi beberapa produk makanan seperti kerupuk Atom yang banyak dikenal oleh wisatawan yang datang berkunjung.

Baca: Utang Malaysia Lebih Kecil dari Indonesia, Kenapa Malaysia Terancam Bangkrut tapi Indonesia Tidak?

Baca: Pria Ini Naik Motor dalam Kondisi Terluka Karena Diterkam Buaya, Sampai di Rumah Sakit Pingsan

Baca: Bertemu Via Vallen, Yohanes si Pemanjat Tiang Bendera Nyanyi Lagu Sayang

Pelatihan kepada masyarakat agar produk tersebut dapat tahan lama, serta menjadikan bahan Baku tersebut menjadi olahan produk yang inovatif, menurutnya menjadi salahatu hal yang bisa diberikan kepada masyarakat seperti memberikan pelatihan agar masyarakat dapat mengolah sumber daya tersebut secara optimal.

"Seperti bahan Baku ikan yang melimpah di Anambas. Akan sangat disayangkan kalau ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Saya berharap, kreatifitas dapat dikembangkan sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi ekonomi masyarakat," bebernya.

Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra mengatakan, upaya untuk memerikan perhatian kepada pelaku usaha mikro terus dilakukan agar dapat sejajar dengan kabupaten/kota lainnya. ‎Suntikan dana berupa pinjaman modal melalui dana bergulir pun, menurutnya penting dilakukan agar pelaku usaha dapat meningkatkan usahanya.

"Untuk dinas terkait, jangan hanya memberikan pelatihan saja. Namun, bantu dalam sisi pinjaman modal melalui dana bergulir. Pada intinya, kami terus berbenah agar bisa sejajar dengan kabupaten/kota lainnya. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang merespon usulan kami dengan memberikan pelatihan kepada pelaku usaha mikro yang ada di Anambas," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer