Kanal

Pemilih Pemilu di Tanjungpinang Bertambah. Ternyata Jumlahnya Cukup Fantastis

Petugas KPU Tanjungpinang sedang mengisi surat suara ke dalam kotak suara di Kantor KPU Kota Tanjungpinang, Selasa (19/6/2018) sore. - tribunbatam/thom limahekin

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 145.441 orang.

Jumlah ini tersebar dalam empat kecamatan. Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 15.495 orang, Tanjungpinang Barat sebanyak 35.003 orang, Tanjungpinang Timur 56.409 orang dan Bukit Bestari sebanyak 38.534 orang.

Secara jenis kelamin, total pemilih di Kota Tanjungpinang perempuan lebih banyak dari pemilih lelaki. Yakni pemilih lelaki sebanyak 71.729 dan pemilih perempuan sebanyak 73.712 orang.

Pemilih akan menggunakan hak pilihnya di 561 TPS. Penatapan DPT sendiri dilaksanakan dalam sidang pleno yang dilaksanakan di Plaza Hotel Tanjungpinang, Senin (20/8).

Ketua KPU Kota Tanjungpinang Aswin Nasution mengatakan, bila dibandingkan DPT saat Pilkada, terjadi penambahan sebesar 3664 pemilih. Penambahan sebagian dari pemilih pemula.

"Pasca penetapan DPT Pilkada Disduk kan lebih masif melakukan perekaman dan pencetakan KTP elektronik. Jadi disitu terjadi penambahan pemilih yang masuk DPT," katanya.

Selanjutnya setelah penetapan tersebut KPU masih menerima daftar pemilih sampai KPU Provinsi Kepri melakukan pleno penetapan DPT yakni antara 29-31 Agustus.

Pemilih yang masuk dalam daftat saat waktu tersebut dikategorikan dalam Daftar Pemilih Khusus. Namun agar bisa masuk tentunya harus punya syarat lengkap seperti KTP elektronik dan KK.

"Selanjutnya bila tidak terdaftar di DPT maupun Daftar Pemilih Khusus mereka yang punya KTP elektronik tetap bisa memilih pada hari H di TPS sesuai alamat KTP. Ini nantinya masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan," katanya. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Ucu Rahman

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer