Kanal

Pemilih Pria Lebih Banyak Jumlahnya, KPU Batam Tetapkan 638.170 DPT

Ketua KPU Batam Syahrul Huda - TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA

TRIBUNBATAM.id,BATAM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 638.170 pada rapat Pleno terbuka rekapitulasi DPSHP akhir dan penetapan DPT Pemilu Tahun 2019 yang kedua, di Kantor KPU Kota Batam.

Ketua KPU Kota Batam, Syahrul Huda menyampaikan, bahwa pada rapat pleno kedua saat ini adalah rapat pleno lanjutan, setelah sebelumnya, mengalami sedikit perbedaan pandangan terkait dengan data di Batam Kota pada jumlah DPT yang disampaikan pada rapat pleno yang digelar di Hotel Harmoni, Nagoya.

Dimana pada data yang tidak singkron kemarin dengan data PPK yang dimiliki partai politik (parpol) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan data yang disampaikan KPU sebenarnya hanya salah memasukkan dan menuliskan jumlahnya saja.

Terkait dengan perbedaan data tersebut, Ketua dari PPK Batam Kota sudah menyampaikan langsung kepada seluruh perwakilan Parpol dan Bawaslu Batam yang hadir untuk mengklarifikasi terkait dimana sebenarnya letak perbedaan tersebut.

"Jadi sesungguhnya perbedaan itu tidak sebenarnya mempengaruhi jumlah perolehan yang disampaikan KPU semalam terkait jumlah DPT. Hanya perbedaan penulisan di berita acara saja. Sehingga ketika salah memasukkan data rekapan itu, ada selisi perbedaan angka keseluruhan dari kecamatan Batam Kota yang berjumlah 95.612 ,"katanya, Selasa (21/8/2018).

Baca: KPU Batam Hapus 4560 Data Pemilih, Bawaslu Sebut DPTb Khusus Untuk Pendatang

Baca: PDIP Minta KPU Batam Jelaskan 4560 Data Pemilih Dihapus. Jumlah TPS pun Ikut Menyusut

Baca: Selesai Verifikasi, KPU Batam Tempel Daftar Caleg Sementara di Papan Pengumuman

Dia juga menyampaikan, sedangkan terkait dengan jumlah penyusutan data hingga 4.560 kemarin, KPU sudah mengklarifikasi dan memberikan data kepada pihak Bawaslu Batam. Mana-mana saja data yang dihapus dan mengapa dihapus data tersebut.

"Hal ini sudah kita jelaskan kepada pihak Bawaslu dan sudah kita berikan data mana saja yang kita dihapus, dan data yang dihapus tersebut salah satunya adalah data ganda,"tuturnya.

Dia juga menyampaikan, pada rapat kedua, KPU Kota Batam menetapkan DPT sebanyak 638.170 orang yang tersebar di 2.923 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Jumlah ini menyusut 4.560 pemilih dibanding daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) 642.730 pemilih dan 2.950 TPS yang ditetapkan pada 22 Juli 2018 lalu,"tuturnya.

Dia juga menyebutkan, untuk DPT Pria, berjumlah 321.012 orang. Sedangkan untuk DPT perempuan 317.158 orang.

"Lebih banyak jumlah DPT Pria dibandingkan DPT Perempuan,"ungkapnya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Zabur Anjasfianto

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer