Kanal

Kurangi Jumlah Kupon, Kamis Masjid Agung Lanjutkan Penyembelihan Hewan Kurban

Panitia kurban Masjid Agung sedang memotong hewan kurban di tengah guyuran hujan, Rabu (22/8/2018) - TRIBUNBATAM/DEWI HARYATI

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Panitia kurban Masjid Agung Batam membagikan sebanyak 1.600 kupon daging kepada masyarakat, usai pelaksanaan salat Ied Adha, Rabu (22/8).

Ketua panitia kurban, Syarifuddin mengatakan, semula rencananya akan dibagikan 2.000 kupon daging. Namun mengingat jumlah hewan kurban yang menurun dibandingkan tahun lalu, akhirnya pihaknya juga mengurangi kupon daging kurban.

"Tapi kalau dagingnya nanti masih ada, walaupun tidak dapat kupon, bisa kita bagikan kepada masyarakat," kata Syarifuddin.

Setiap kantong akan diisi daging kurban lebih kurang 0,6 kg samppai 0,7 kg. Dari hewan kurban yang disumbangkan Wali Kota Batam saja, Syarifuddin memperkirakan bisa didapat sebanyak 400 kg daging.

"Berat total saat hidupnya sekitar 1 ton. Kita perkirakan bisa dapat 400 kg daging," ujarnya.

Rencananya untuk pengambilan daging kurban di Masjid Agung Batam akan dimulai pukul 14.00-17.00 WIB. Di Masjid Agung Batam sendiri, kegiatan penyembelihan hewan kurban akan dilakukan dua hari. Selain Rabu, juga Kamis (23/8/2018).

"Tapi sudah tidak ada kupon daging lagi yang kita bagikan kepada masyarakat. Setelah disembelih di sini (rumah pemotongan hewan) Masjid Agung Batam, langsung kita distribusikan ke rutan, lapas, dan beberapa tempat lainnya," kata Syarifuddin.

Baca: Diguyur Hujan, Panitia Kurban Masjid Agung Batam Tetap Semangat Memotong Hewan

Baca: Tak Pakai Kupon, Panitia Kurban Tiban Palem Pilih Antar Langsung Daging ke Rumah Warga

Baca: Inilah Cara Paling Benar Bersihkan Daging Kurban: Jangan Dicuci! Ini Alasan di Baliknya

Penyembelihan hewan kurban hari ke-2 di Masjid Agung ini, melanjutkan kegiatan pada Rabu. Sejumlah penyumbang kurban yang berasal dari Singapura ingin hewan kurbannya disembelih pada hari itu.

"Ya, untuk yang warga negara Singapura ada dua kelompok. Satu, hari ini sudah ada yang hewan kurbannya disembelih. Kedua, besok," ujarnya.

Ada satu ekor sapi dengan sekitar 10 ekor kambing yang akan disembelih Kamis ini. Syarifuddin mengingatkan, bagi masyarakat yang masih ingin berkurban, panitia kurban di Masjid Agung Batam masih menyediakan hewan kurban.

"Selain hari inikan ada hari tasyriq. Jadi empat hari waktu untuk menyembelih hewan kurban. Kita di sini masih ada 55 ekor kambing yang belum terjual dari stok 200 ekor. Kalau sapi, sudah habis," ujarnya. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Zabur Anjasfianto

Haringga Sirla Tewas Dikeroyok, Bermula dari KTP Korban Dirazia Sejumlah Suporter Persib Bandung

Berita Populer