Kanal

BMKG Tanjungpinang Keluarkan Peringatan Dini. Ini Penyebabnya

Foto ilustrasi. Staf BMKG Karimun Pande Pewarta menjelaskan prakiraan cuaca yang anomali di Karimun. -

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tanjungpinang memprakirakan masa pancaroba ditandai hujan disertai angin kencang baik itu peralihan musim penghujan atau sebaliknya.

"Ya, di saat pancaroba seperti ini, kejadian hujan disertai angin kencang ini biasa terjadi untuk wilayah tropis seperti di indonesia yang wilayahnya banyak berupa kepulauan,"kata Kepala BMKG Stasiun Tanjungpinang, Dira Utara Utama, Jumat (24/8/2018).

Dira mengatakan, hujan dengan intensitas sedang, tinggi hingga lebat disertai petir dan angin kencang bakal melanda beberapa wilayah Kepri. Mulai dari wilayah Batam yang dapat meluas ke wilayah Karimun, Teluk Sebong, Bintan Utara, Sri Kuala Lobam, Gunung Kijang, pulau Mantang hingga Tanjungpinang.

"Jam 11.50 WIB, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca wilayah kepri,"katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Dira, untuk musim pancaroba, perlu diperhatikan kondisi awan.

Misalnya saat pagi hingga siang hari, cuaca panas menghasilkan pembentukan awan awan konvektif seperti awan cumulusnimbus. Awan ini mengandung hujan, petir hingga angin puting beliung.

"Angin kencang puting beliung timbul dari awan cumulonimbus, ini"kata Dira.

Puting beliung ini tidak punya siklus. Namun jarang terjadi puting beliung susulan pada tempat sama. Lebih sering terjadi pada siang, sore hari. Waktu terdeteksi 30 menit sampai satu jam sebelumnya.

Dampak yang bisa dilihat dari adanya angin puting beliung ini diantaranya atap rumah rusak, terbang. Pada rumah semi permanen biasanya bisa terjadi kerusakan pada dinding. Pohon yang tinggi, rimbun dan rapuh mudah tumbang. Maka itu, disarankan untuk selalu mengikuti update informasi cuaca terutama yang tinggal di wilayah pesisir.

"Selalu update informasi BMKG, baik lewat radio setiap pagi, informasi media daring, juga bisa akses website www.bmkg.go.id, kita selalu mengupdate info cuaca dan warning cuaca,"harap Dira. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Ucu Rahman

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer