Kanal

Malaysia Jadi Markas Baru Yamaha pada MotoGP 2019. Diresmikan Jumat Ini Jelang MotoGP Inggris

Sirkuit Sepang, Malaysia, akan menjadi markas baru tim satelit Yamaha. - MOTOGP.COM

TRIBUNBATAM.id, LONDON - Pada MotoGP 2019 nanti, Malaysia memiliki tim MotoGP sendiri setelah Yamaha mencapai kesepakatan dengan Sepang International Circuit (SIC) untuk membangun tim satelit baru.

Tim MotoGP 2019 Yamaha SIC milik malaysia ini akan diumumkan, Jumat (24/8/2018) hari ini , di sela-sela berlangsungnya MotoGP Inggris 2019.

Tim MotoGP 2019 Yamaha dan SIC ini akan disponsori oleh perusahaan migas Malaysia, Petronas, dan menggandeng Angel Nieto sebagai tim teknik. 

Yamaha mencapai kesepakatan dengan SIC untuk membentuk tim satelit setelah Tech3 asal Perancis memutuskan hengkang dan pindah ke KTM, musim depan.

Baca: MotoGP Inggris - Ini yang Paling Ditakuti Marc Marquez di Sirkuit Silverstone

Baca: MotoGP Inggris - Valentino Rossi Raja Sirkuit Silverstone, Mungkinkah The Doctor Comeback?

Baca: Malaysia Sah Miliki Tim MotoGP. Yamaha Gandeng Sepang dan Petronas Sebagai Pengganti Tech3

Sementara Monster Energy yang menjadi sponsor Tech3 Yamaha, mulai musim MotoGP 2019 akan menjadi sponsor utama Valentino Rossi dan Maverick Vinales, menggantikan Movistar.

Pengumuman tim baru SIC Yamaha ini akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman,  komisaris SIC Tan Sri Azman Yahya; CEO SIC, Datuk Razlan Razali; Presiden Petronas Tan Sri Wan Zulkiflee Wan Ariffin; Direktur Eksekutif Dorna, Carmelo Ezpeleta dan wakil Yamaha, Lin Jarvis dan Koichi Tsuji.

Dua pebalap muda akan menunggangi tim baru ini, yakni pebalap MotoGP dari Marc VDS, Franco Morbidelli, serta pebalap muda asal Perancis yang sedang beraksi di Moto2, Fabio Quartararo.

 Syed Saddiq, seperti dilansir Berita Harian dari akun Twitternya memastikan dirinya akan hadir untuk pengumuman tersebut di Silverstone.

"Para pebalap muda perlu diberikan kesempatan dalam Malaysia baru," katanya.

Hadirnya SIC dan Petronas sebagai peserta MotoGP melengkapi pengelola sirkuit Sepang itu dalam seri grand prix karena telah memiliki tim Moto2 dan Moto3 di bawah nama Petronas Sprinta Racing. 

Razlan mengatakan, SIC menargetkan tahun 2021 nanti, para pebalap-pebalap muda Malaysia akan menjadi pebalap di tim satelit MotoGP ini.

Meskipun malaysia memiliki pebalap Hafizh Syahrin, namun pebalap Monster Yamaha Tech3 itu sudah memastikan akan bergabung dengan Tech3 dengan KTM musim depan, dengan kontrak hingga 2020.

"Untuk pasukan MotoGP (negara), mungkin dalam masa dua tahun ini 2019 dan 2020, kita tak dapat menggunakan khidmat pelumba Malaysia," kata Razlan.

Hingga saat ini memang belum jelas nama baru dari tim satelit Yamaha ini, apakah SIC Yamaha Angel Nieto, seperti yang banyak beredar, atau SIC Yamaha Petronas.

Penulis: Alfian Zainal

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer