Kanal

Tidak Masuk Dalam DPT, KPU Jamin Warga Batam Tetap Bisa Memilih. Ini Syaratnya

Ketua KPU Batam Syahrul Huda - TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Warga yang sudah memiliki KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik) tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam akan mengakomodir pemilih yang tidak terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Batam, Syahrul Huda mengatakan, masyarakat yang telah memenuhi persyaratan tetap dapat menggunakan hak pilihnya.

"Jangan khawatir warga tidak dapat memilih. Setiap warga akan bisa menggunakan hak suaranya, apabila sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, yaitu dengan menggunakan KTP el," ujarnya.

Baca: Perkenalkan Diri Silahkan, Tapi Tidak Bawa Embel-embel Parpol. Bawaslu Batam Kunjungi Tribun Batam

Baca: Menyusut 4.560 Orang, KPU Batam Tetapkan Jumlah DPT 638.170 Pemilih

Baca: Pemilih Pria Lebih Banyak Jumlahnya, KPU Batam Tetapkan 638.170 DPT

Syahrul Huda mengatakan, nantinya akan mengakomodir pemilih yang tidak terdata dalam DPT.

"Kita akan tetap mengakomodir di tiap TPS masing-masing. Untuk pemilih yang tidak terdata dalam DPT, tetap dapat menggunakan hak pilihnya di atas pukul 12.00 WIB di masing-masing TPS," katanya.

Syahrul mengaku tidak dapat mengetahui jumlah masyarakat yang tidak terdata dalam DPT. Dia mengaku sudah memberikan banyak ruang dan kesempatan kepada masyarakat, untuk mengecek langsung apakah namanya masuk dalam daftar pemilh sementara (DPS) dan DPS tambahan.

"Memang presentase sedikit sekali, memang kita tidak bisa mengetahui berapa jumlah masyarakat yang tidak terdata. Karena kita sudah memberikan banyak ruang kepada masyarakat," ujarnya.

"Ketika pantarlih mencoklit masuk ke DPS, kita berikan ruang untuk tanggapan masyarakat, ada tanggapan masyarakat yang belum terdata kita masukkan Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPSHP). Setelah DPSHP Ada ruang DPSHP akhir, ada banyak ruang yang kita berikan agar masyarakat proaktif," ujarnya.

Syahrul berharap tidak banyak lagi masyarakat kota Batam yang tidak terdata dalam DPT.

"Harapan kita sudah tidak banyak lagi masyarakat yang tidak terdata,"katanya.(drs)

Penulis: Dewangga Rudi Serpara
Editor: Zabur Anjasfianto

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer