Kanal

300 Pemilih Belum Miliki KTP el, dan Tidak Masuk DPT. Berikut Penjelasan KPU Batam

Sudarmadi, Komisioner KPU Batam,Divisi Program dan Data - TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Komisi Pemiilihan Umum (KPU) Kota Batam mencatat ada sebanyak 300 lebih peserta pemilih di Batam yang belum memiliki dan melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

Hal ini diketahui KPU Batam setelah proses penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sampai penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) beberapa waktu lalu.

"Ditengah kita melakukan proses penetapan DPSHP hingga penetapan DPT kemarin, kita mencatat ada 300 lebih peserta pemilih yang belum memiliki dan melakukan perekaman KTP-el dari 1.996 data warga yang kita miliki belum dapat dipastikan memiliki KTP-el," kata Sudarmadi Komisioner KPU Batam, Divisi Program dan Data, Selasa (28/8/2018).

Baca: BP Batam Terbitkan Surat Edaran Jaga Netralitas. Wajib Mengundurukan Diri Jika Jadi Caleg

Baca: Inilah 4 Tips Hilangkan Stres dan Kecemasan, Kuncinya Nomor 1 dan 2

Baca: Angka Lakalantas di Tanjungpinang Meningkat, 9 Orang Tewas di Jalan

Setelah itu pihaknya berkordinasi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam untuk melihat 1.996 data warga yang belum dipastikan memiliki KTP-el tersebut.

Dari sana KPU dan Disdukcapil menemukan 300 lebih peserta pemilih yang belum memiliki KTP-el dan belum melakukan perekaman. Padahal warga tersebut sudah lama tinggal di Batam.

Sementara selebihnya sekitar 600 lebih sudah melakukan perekaman dan memiliki KTP-el serta sudah masuk DPT.

"Jika 300 lebih peserta pemilih ini belum juga memiliki KTP-el sampai pelaksanaan pemilu tahun 2019 nanti, otomatis dirinya tidak bisa memiliki hak suara. Sedangkan sebaliknya apabila sudah ada KTP-el ditengah DPT sudah di tetapkan, dirinya masih bisa memilih pada hari H Pemilu 2019 nanti diatas pukul 12.00 WIB dan tinggal menunjukkan KTP-el untuk memilih," jelasnya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Zabur Anjasfianto

Gubernur Tampar Suporter PSMS Medan hingga Videonya Viral, Beri Penjelasan di Instagram

Berita Populer