Kanal

Dari 13 Bacalon DPD, Baru 3 Orang Mundur sebagai Pengurus Parpol. Ini Kata KPU Kepri

Logo Pemilu 2019 -

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sesuai aturan berlaku, bakal calon anggota DPD RI yang terlibat dalam kepengurusan parpol harus menyerahkan surat pengunduran diri kepada KPU Provinsi agar bisa tercatat sebagai DCT.

Namun, dari 13 Bacalon DPD RI yang akan maju dari Provinsi Kepri, baru ada tiga orang saja yang mengajukan surat pengunduran diri. Padahal, batas waktu penyerahan paling lambat 30 Agustus 2018, besok.

Sebab, Bacalon DPD harus memiliki Surat Keputusan (SK) Partai Politik yang menyatakan yang bersangkutan telah mundur dari kepengurusan Parpol.

"Paling lambat sehari sebelum penetapan DCT (Daftar Calon Tetap) anggota DPD, yaitu selambat-lambatnya pada tanggal 19 September 2018," kata Divisi Hukum KPU Kepri Widiyono Agung S, Rabu (29/8/2018).

Disampaikannya, jika surat pernyataan pengunduran diri dan SK dari Partai Politik tersebut tidak disampaikan kepada KPU sesuai tanggal yang ditetapkan, maka bakal calon DPD dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dan namanya tidak dicantumkan dalan DCS anggota DPD atau DCT anggota DPD.

Baca: Uang Rp 34 Juta dalam Rekening Mendadak Lenyap Setelah Terima SMS Ini Lewat Ponsel

Baca: Hamili Pacar dan Menikahinya, Pria Ini Hadapi Vonis Kasus Pencabulan dengan Pelapor sang Mertua

Baca: KPK Tangkap Eks Hakim PN Batam Terkait Suap Peradilan di Medan

"Dari 13 Bacalon DPD RI, yang sudah menyerahkan surat pernyataaan pengunduran diri baru ada 3. Yakni bacalon Sukri Farial Waka DPD Partai Hanura Prov Kepri, Hardi Selamat Hood Ketua Dewan Kehormatan DPD Partai Demokrat Kepri, dan M Syarial, SE Wakil Ketua DPD PDIP Kepri," sebutnya.

Adapun 3 bacalon lagi, sambung Agung yang diketahui sebagai pengurus parpol belum menyerahkan surat pernyataan pengunduran diri.

"Alfin Ketua DPC PKS Kota Tanjungpinang, Dharma Setiawan Ketua DPC PAN Kota Tanjungpinang dan Surya Makmur Nasution Waka DPD Partai Demokrat Kepri," jelasnya.

Ditambahkannya, tujuh bacalon lainnya yang ternyata masih menjadi pengurus parpol batik di tingkat bawah hingga pusat juga untuk menyertakan surat pengunduran diri.

"Ini soal aturan, jika ditemukan masih terdaftar sebagai parpol, kita akan melakukan tindakan tegas. Karena kita sudah dari jauh-jauh hari mensosialisasikan," tegasnya.

Berikut 13 bacalon DPD RI perwakilan Kepri. Diantaranya Alfin, Alias Wello, Dharma Setiawan, Hardi Selamat Hood, Haripinto Tanuwidjaya, M Syarial, Mustofa Widjaya, Ria Saptarika, Richard H Pasaribu, Riki Solikhin, Sabar Pandapotan Hasibuan, Sukri Farial dan Surya Makmur Nasution. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi Kamis 30 Agustus 2018

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Tri Indaryani

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer