Kanal

PT Pegadaian Transformasi ke Perusahaan Modern

PT Pegadaian (Persero) melangsungkan sosialisasi Townhall G-Star Transformation, Selasa (28/8/2018) di Hotel Aston Batam - TRIBUNBATAM/ROMA ULY SIANTURI

TRIBUNBATAM.id,Batam - Di tengah tantangan inovasi yang menjadi fenomena global, PT Pegadaian (Persero) melakukan transformasi digital dan kultural.

Transformasi ini menjadi sebuah keharusan untuk perusahaan gadai milik BUMN ini, sehingga kedepan PT Pegadaian akan menjadi lebih transparan, akuntabel, responsible, independent, dan fair.

"PT Pegadaian sudah berdiri selama 117 tahun memiliki 9 juta nasabah, 13 ribu karyawan yang puas dan setia, serta 4.300 outlet di seluruh Indonesia. Kita selalu berusaha untuk mencapai target. Walaupun tak capai target kita tak akan memotong biaya tenaga kerja. Bank yang mengkredit biaya mahal kita lunasi," ujar Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Sunarso, Selasa (28/8).

Sunarso mengakui PT Pegadaian masih eksis hingga saat ini karena dilindungi oleh peraturan dan monopoli. Begitu monopoli dibuka, maka harus sadar bahwa Pegadaian bakal ada kompetitor. Secara strategi, Pegadaian harus berubah.

"Kesulitan yang buat kita berubah. Sejatinya kitalah transformatif yang sejati dan pribadi yang tangguh. Demikian juga perusahaan. Transformasi itu sulit dan harus sanggup. Ayo kita bertransformasi," ujarnya.

Baca: Jaga Keamanan Laut, BP Batam Jalin Kerjasama Dengan Bakamla

Baca: Miliki Rumah dengan Cicilan Murah di The Hill Residence

Baca: Beli Furniture Jati dengan Harga Nego

Ia melanjutkan ada empat syarat kesuksesan transplformasi, pertama jelas objek yang harus di trasfer, kedua harus ada pemimpin yang digerakkan, ketiga seluruh karyawan harus menghendaki, dan keempat harus menjadi sistem.

Ia juga memperkenalkan perkembangan transformasi Pegadaian yang lebih mudah, sehingga membantu mempermudah akses layanan terhadap masyarakat.
Ada beberapa alasan utama transformasi, kata dia, yang menjadi mayoritas disebabkan karena perubahan bisnis pegadaian.

Akibat adanya disruption yaitu perubahan teknologi perubahan gaya hidup masyarakat, dan bisnis global.

Dalam perkembangan transformasi yang semakin mudah, Pegadaian telah meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital Service yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Terhitung lebih dari 100 ribu orang telah mengunduh aplikasi Pegadaian Digital tersebut. (rus)

Baca selengkapnya di harian Tribun Batam edisi Kamis (30/8/2018).

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Rimna Sari Bangun

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer