Kanal

Hebat! Jho Low Bayar Orang Dekat Donald Trump untuk Muluskan Pencucian Uang Skandal 1MDB

Jho Low dan Paris Hilton - Says Malaysia

TRIBUNBATAM.id, NEW YORK - Penyelidikan pencucian uang terkait skandal 1MDB terhadap pengusaha Malaysia, Low Taek Jho atau Jho Low, semakin gencar di Amerika Serikat.

Departemen Kehakiman  AS (DoJ) menemukan fakta baru bahwa Jho Low membayar dua pengacara terkenal AS untuk mengalirkan dana skandal 1MDB ke negara itu sebesar AS$4,5 miliar.

Salah satu pengacara tersebut adalah bekas Gubernur New Jersey, Chris Christie dan bekas pengacara Presiden AS Donald Trump Marc Kasowitz, demikian dilaporkan oleh Wall Street Journal, Rabu (29/8/2018).

Pihak DoJ juga sedang menyelidiki figur politisi Partai Republik AS lainnya atas dugaan menerima uang haram dari Jho Low.

Christie dan Kasowitz dikabarkan bertindak sebagai kuasa hukum Jho Low di AS untuk 'memuluskan' masuknya uang haram dari 1MDB ke Amerika Serikat.

WSJ menyebutkan, Christie mewakili Jho Low dalam akuisisi aset di California. Sementara Kasowitz membantu urusan "menjinakkan" Kementerian Hukum dan Kehakiman AS.

Jho Low juga menyewa jasa pengacara Bobby Burchfield, yang saat ini menjabat sebagai penasihat etika untuk pemerintahan Presiden Donald Trump.

Selain itu, pengusaha berusia 37 tahun itu juga menyewa jasa konsultasi Ed Rogers, politisi dan pelobi politik anggota Partai Republik yang berbasis di Washington DC.

Elliott Broidy adalah penggalang dana untuk Partai Republik dan dekat dengan pemerintahan Trump, juga memberikan jasa konsultasi kepada Jho Low, demikian WSJ.

Baca: Skandal 1MDB - Beredar 8 Tuduhan Transfer Uang Haram Jho Low. Nilainya Rp 7 Triliun Lebih

Baca: Ayahnya Ikut Buron Terkait Skandal 1MDB dan Kapal Pesiarnya Disita, Jho Low Siapkan Perlawanan

Baca: Skandal 1MDB Diungkap Lagi, Pria yang Royal dan Suka Pesta dengan Artis Terkenal Ini Paling Dicari

Kementerian Hukum dan Kehakiman AS sedang menyelidiki apakah Broidy juga berusaha untuk menjual pengaruhnya dalam administrasi Trump kepada pemerintah Malaysia dan China.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal

Kronologi Turis Asal Norwegia Diperkosa Karyawan Vila di Bali, Berawal dari Minta Hidupkan Shower

Berita Populer