Kanal

Kompolnas Minta Penyelesaian Kasus Dipercepat

Kompolnas kunjungi warga Pulau Karimun Anak - TRIBUNBATAM/ELHADIF PUTRA

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI menggelar dialog dengan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat Kabupaten Karimun.

Pertemuan supervisi Kompolbas RI tersebut dilaksanakan di aula Hotel Alishan, Kelurahan Kapling, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun pada Kamis (30/8/2018).

Baca: Waspadai Kejahatan di Wilayah Perbatasan, Kompolnas Kunjungi Pulau Terluar

Baca: Terungkap! Kasus 14 Taruna Akpol Libatkan Orang Kuat di Polri? Kompolnas: Hakim Jangan Gentar!

Baca: Wujudkan Sosok Profesional dan Mandiri 175 Anggota Polisi ikuti Sosialisasi Kompolnas

Usai sambutan Kapolres Karimun, AKBP Hemgky Pramudya dan pemaparan situasi Kamtibmas di Karimun, Komisioner Kompolnas Ri, Irjen Pol (Purn) Yotje Mende menyampaikan wewenang dan dasar hukum kewenangan Kompolnas di wilayah perbatasan.

Yotje memaparkan daerah terluar NKRI, termasuk Karimun sangat rawan disusupi oleh kegiatan-kegiatan oleh pihak-pihak tak bertangungjawab. Beberapa hal yang harus diwaspadai adalah kejahatan teroris, narkoba, kejahatan perompakan di laut serra masalah TKI ilegal atau broker pekerja asing.

Pada pertemuan ini, turut membahas berbagai persoalan yang terjadi di wilayah Kabupaten Karimun seperti masalah ekonomi, pembangunan, hingga pengungkapan kasus yang terjadi.

Dalam sesi tanya jawab, Yotje mengatakan sejatinya tugas Kompolnas melakukan pengawasan terhadap tugas-tugas Polri. Apabila ada permasalahan yang belum dapat diselesaikan di tingkat daerah maka dapat menembuskannya ke Kompolnas RI. Tujuannya adalah huna menciptakan situasi yang aman dimasyarakat.

"Permasalahan yang belum dapat diselesaikan ditingkat Polres agar menembusi Kompolnas. Kita sangat mwnerima saran sari masyarakat terkait kinerja Polri," kata Yotje menjawab pertanyaan dari tokoh masyarakat.

Seorang tokoh masyarakat, Datuk Azman Zainal, meminta agar Polri dapat mempercepat penyelesaian proses akan pengaduan yang sudah masuk ke Polres Karimun.

"Kita minta prosesnya permasalahan-permasalan yang masuk ke Polres dapat segera diselesaikan," kata Azman.
Turut hadir dalam pertemuan Dandim 0317/TBK (Letkol Arm Rizal Analdie), Kapolres Karimun (AKBP Hengky Pramudya), Pjs Palaksa (Kapten Laut (PM) Hadi Kuswanto), Asisten I Pemkab Karimun (Muhammad Tang), Ketua pengadilan Negeri Karimun (Budiman Sitorus), Kasi Datun Kejari Karimun (M Hatta), Kepala BNNK Karimun (Ahmad Sholeh), Kepala KPPBC Tanjungbalai Karimun (Bernhard Sibarani), PJU Polres Karimun, perwakilan Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, serta tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Ucu Rahman

Video Viral Jokowi Hormat Sendiri saat Indonesia Raya Berkumandang, Begini Menurut Undang-undang

Berita Populer