Kanal

Atap Ruang Kelas SMPN 6 Bintan Rawan Jebol. Ini Tindakan Bupati Bintan

Ketua Harian Kwartir Kepri Arif Fadilah saat menyematkan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional Pramuka RI, Jumat (31/8/2018). - TRIBUNBATAM/AMINNUDIN

TRIBUNBATAM.id, BINTAN - Bupati Bintan Apri Sujadi mengetuk ngetuk dinding plafond atap bangunan SMP 6 Bintan, Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Jumat (31/8/2018).
Terdengar suara yang menandakan plafond sudah dalam kondisi rapuh dimakan usia.

"Kalau dari suaranya, plafondnya sudah lapuk, dimakan usia, ini perlu diganti,"katanya.

Baca: Bupati Bintan Apri Sujadi Ingin Berikan Insentif Untuk Para Penjaga Makam. Ini Alasannya

Baca: Kukuhkan Paskibraka, Ini Pesan Wakil Bupati Bintan

Baca: Bupati Bintan Pastikan tak Ada Perpeloncohan Murid Baru

Seorang guru di situ memberitahu, kondisinya rawan kalau jebol. Jadi perlu diganti baru. Ia sangat berharap, Bupati Bintan yang menyambangi sekolah mereka pada Jumat siang bisa membantu memperbaiki kondisi bangunan sebagian sekolah.

Selain di SMPN 6 Bintan, Apri dengan mengenakan seragam pramuka juga mengecek kondisi bangunan SD negeri 002 Bintan. Saat ia di sana, beberapa bangunan sekolah sudah jebol. Terlihat seorang tukang bangunan sibuk mengaci dan memplester dinding sekolah. Pihak sekolah mengaku senang sekali sekolah mereka disambangi rombongan bupati.

SD Negeri 002 Teluk Bintan masuk dalam daftar sekolah di Bintan yang masuk dalam program rehabilitasi. Sejumlah bangunan sekolah di Bintan memang menghadapi kondisi penuaan fisik sehingga perlu direhab.

Apri mengatakan, satu persatu sekolah akan disegarkan secara fisik. "Kita ingin wajah sekolah sekolah kita terlihat indah, makin tahun makin bagus,"ujarnya.

Total anggaran dikucurkan Pemkab Bintan untuk merehab sejumlah bangunan sekolah sekitar Rp 11 miliar. Duit sebanyak itu berasal dari dan alokasi khusus (DAK) dan APBD. Tahun 2018, dana rehab sekolah kembali dinaikan menjadi Rp 14 miliar. Menurut dia, penambahan anggaran sebesar itu sudah cukup signifikan.

"Bila melihat angka, tahun 2017 ada 11 miliar, dan 2018 ini capai angka 14 miliar. Kalau secara RKB (ruang kelas baru) rata rata kalau direhab paling menghabiskan Rp 80 juta. Cuba hitung sajalah, kalau Rp 14 miliar dibagi Rp 80 juta ruang kelas yang direhab berarti berapa ruang kelas yang bisa disentuh,"kata Apri. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Ucu Rahman

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer