Kanal

Tidak Harus ke PTUN Tanjungpinang Ajukan Gugatan, Kini Cukup Daftar Lewat e-Court

PTUN Tanjungpinang menggelar sosialisasi aplikasi e-Court, Jumat (31/8/2018) - TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Masyarakat tidak harus datang ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang untuk mengajukan gugatan. Saat ini cukup daftar lewat e-Court, permohonan gugatan tersebut sudah diterima langsung.

Hal ini diketahui dalam sosialiasi aplikasi e-Court yang berlangsung di gedung PTUN Tanjungpinang, Sekupang Kota Batam, Jumat (31/8/2018).

Ketua PTUN Tanjung Pinang, Andri Mosepa mengatakan aplikasi e-Court merupakan inovasi baru yang dirancang oleh Makamah Agung Republik Indonesia (MA RI) untuk proses peradilan yang efesien, biaya ringan dan cepat tanpa menyita waktu lama.

"Apabila nanti masyarakat ingin melakukan gugatan dengan menggunakan aplikasi e-court ini, bisa mendaftar melalui tempat kerja, tanpa harus kemari (PTUN Tanjungpinang)," ujarnya.

Baca: BP Batam Tawarkan Data Centre Hingga Indonesia Tengah, Berikan Fasilitas dan Layanan Terbaik

Baca: Ternyata Ada Trik Agar Melahirkan Tak Terasa Sakit. Ingin Tahu?

Baca: Minta Uang Kepada Adik Kelas, Jadi Pemicu Dua Siswi Ini Berkelahi

Dia menyebutkan, untuk saat ini, yang bisa mendaftar gugatan lewat e-Court adalah mereka yang berprofesi sebagai advokat. Karena aplikasi ini akan menelusuri nomor induk advokat pada masing-masing Pengadilan Tinggi (PT).

PTUN Tanjungpinang terpilih sebagai percontohan untuk menerapkan aplikasi e-court oleh MA RI. Hal ini berdasarkan surat keputusan sekertaris MA Nomor 305/SEK/SK/VII/2018 tanggal 02 juli 2018.

Terobosan ini pun merupakan inovasi baru yang dirancang MA dalam mengikuti perkembangan zaman yang saat ini di dunia digital.

"Dari 900 pengadilan yang ada di Indonesia dan 32 pengadilan percontohan, hanya pengadilan PTUN Tanjungpinang terpilih salah satu sebagai percontohan penerapan Aplikasi e-Court ke depan,'' katanya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Zabur Anjasfianto

Inilah Sosok Ibu Angkat yang Tega Siksa dan Sekap 3 Anaknya Bersama Ular dan Anjing di Makassar

Berita Populer