Kanal

12 Ribu Warga Sei Beduk Tidak Miliki KTP el Batam, Terancam Tidak Bisa Ikut Pilih

Sudarmadi, Divisi Program dan Data, KPU Batam - TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Empat ribu lebih penduduk yang bertempat tinggal di Dormitori kawasn Batamino Industrial Park (BIP) masih memiliki KTP-el asal kampung halaman mereka.

Hal ini diketaui Komisi Pemiilihan Umum (KPU) Kota Batam dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Dari data yang kita terima melalui PPK dan PPS, kita mencatat sebanyak empat ribu lebih penduduk yang berada di dormitori masih menggunakan KTP el kampung. Padahal mereka sudah bertahun-tahun kerja di Batam," kata Sudarmadi, Divisi Program dan Data KPU Batam, Minggu (2/9/2018).

Sudarmadi menyebutkan banyaknya penduduk yang berdomisili di Dormitori ini belum memiliki KTP el Batam. Salah satunya dikarenakan sebagai pekerja yang merantau dari beberapa kota. Kemudian saat melamar menggunakan KTP el luar Batam.

Bertahun-tahun mereka kontrak kerja dengan menggunakan KTP-el tersebut dan sampai saat ini masih digunakan. Namun untuk pengurusan ke perbankan, BPJS, pihak perusahaan kini mulai mewajibkan menggunakan KTP el kepada pekerja.

"Namanya daerah industri, sebelumnya masih bisa menggunakam KTP-el kampung untuk melamar, sehingga KTP el kampung digunakan dan belum mengurus surat pindah penduduk," terangnya.

Baca: Lakalantas di Bintan, Seorang Pemotor Dikabarkan Meninggal. Begini Kejadiannya

Baca: Hasil Lengkap, Klasemen dan Top Skor Liga Inggris Setelah Liverpool, Chelsea dan Man City Menang

Baca: 4 Zodiak yang Mudah Khawatir, Kamu Termasuk Nggak?

Sudarmadi memberitahu, selain empat ribu yang tercatat di dormitori, ada delapan ribu waga di Kecamatan Sei Beduk masih menggunakan KTP el luar Batam atau yang dikeluarkan Disduk di kampung halamannya.

"Sedangkan di Daerah Kecamatan Nongsa ada sekitar dua ribu penduduk yang juga masih memiliki KTP-el luar Batam yang berada di rusun ataupun Dormitori," katanya.

Sudarmadi mengatakan, sejumlah penduduk yang masih memiliki KTP el luar Batam ini, pada penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak dimasukkan. Karena bukan terdata penduduk Batam dari data KTP-el yang mereka miliki.

"Sebab sekarang inikan pemilihan Calon Legislatif dan DPD. Kecuali terhadap pemilihan Presiden nanti, mereka ada hak pilih," ujarnya.

Masih Sudarmadi, data penduduk yang masih memiliki KTP el luar Batam ini, nanti akan di data dengan fom khusus dan akan dimasukkan dalam tahapan DPTB. Hal ini sesuai dengan surat edaran yang baru pada Juni tahun 2018.

"Terkait dengan hak pilihnya, untuk sementara kita, nanti hanya bisa untuk memilih pada Pilpres nanti, karena dia warga luar," katanya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Zabur Anjasfianto

8 Pengakuan Tersangka Pembunuhan di Bekasi: Sakit Hati Dibangunkan saat Tidur Pakai Kaki

Berita Populer