Kanal

Rupiah Melemah, Impor Mobil Mewah 3000cc Dihentikan. Lainnya Dikendalikan

Petugas keamanan berjalan di dekat mobil mewah milik tersangka Bupati Hulu Sungai Tengah (nonaktif) Abdul Latif di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/3). Sebanyak 16 kendaraan mewah (delapan mobil dan delapan motor) sitaan KPK dari Kalimantan Selatan yang diduga hasil gratifikasi serta pencucian uang tersangka tersebut telah tiba di Jakarta dan akan dititipkan ke Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Jakarta Barat. Foto ilustrasi, tak terkait berita - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Penulis : Ghulam Muhammad Nayazri

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Pemerintah semakin serius melihat keseimbangan perdagangan antara nilai impor dan ekspor, terutama setelah nilai tukar rupiah mengalami pelemahan.

Ini juga ternyata berimbas pada pasar otomotif dalam negeri.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan, saat ini impor mobil mewah di atas 3.000cc ke atas sudah dihentikan.

“Sekarang itu pembatasannya untuk yang mewah benar-benar kita hentikan. Kalau sekarang, yang  benar-benar dihentikan itu yang 3.000cc ke atas. Berlakunya itu mulai dari rupiah terkoreksi. Sudah dua bulan yang lalu, jadi dikendalikan dulu. Kalau 3.000cc ke atas memang langSUNG distop,” ujar Putu, Rabu (5/9/2018).

Baca: Pemerintah Resmi Naikkan PPh Impor 1.147 Komoditas. Ada yang Naik 3 kali Lipat

Baca: Sejumlah Proyek Infrastruktur Akan Ditunda oleh Pemerintah. Darmin: Ada kriterianya

Baca: Rupiah Tembus Rp 15 Ribu per Dolar AS, Presiden Jokowi: Kita Harus Waspada, Kita Harus Hati-hati

Putu menuturkan, mobil mewah bukan prioritas di tengah kondisi ekonomi yang seperti sekarang ini.

“Keadaan ekonomi sekarang, mobil itu, kan, bukan kebutuhan pokok, cobalah kalau perlu transportasi, coba pakai produk dalam negeri dulu dengan keadaan yang seperti ini,” ujar Putu.

Pernyataan Putu tersebut juga memberikan petunjuk bahwa sebenarnya produk mobil non-mewah yang diimpor juga sedang dikontrol untuk masuk ke dalam negeri.

“Ya sebenarnya semua, yang distop itu 3.000cc yang lain dipertimbangkan sesuai dengan balance trade-nya mereka. Berapa banyak dia ekspor dan impor. Begitu,” ujar Putu.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur tentang pengendalian 900 komoditas impor (terakhir naik menjadi 1.147 komoditas).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rupiah Makin Melemah, Impor Mobil Mewah Dihentikan"

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kompas.com

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer