Kanal

Tunggu Penyelesaian Refitalisasi, Amsakar Minta PKL Logowo Direlokasikan

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad. TRIBUN BATAM/ENDRA KAPUTRA -

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyiapkan tempat para pedagang kaki lima (PKL) untuk menunggu penyelesaian refitalisasi Pasar Induk.

PKL Pasar Indsuk diminta bersedia direlokasi ke pasar semantara yang dibangun Pemko Batam itu. Bahkan pemerintah memberikan gratis menempati selama tiga bulaun dan selanjutnya PKL cukup membayar sewa Rp 1 juta setiap bulannya.

"Saya pikir pemerintah daerah cukup memperhatikan warga. Sehingga kita tidak sembarangan melakukan penertiban," ujar Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad di kantor DPRD kota Batam, Rabu (5/9/2018).

Baca: Siap Terima Sanksi, Gubernur Papua Lukas Enembe: 3 Juta Suara Kita Kasih ke Jokowi

Baca: Barelang Marathon 2018 - Tawarkan Track Lari Paling Sensasional, Are You Ready?

Baca: Heboh Polemik Roy Suryo-Kemenpora, Mantan Menteri Disebut Tidak Punya Hak Apa Pun, Kecuali Hak Ini

Amsakar mengatakan sejauh ini sudah dilakukan penghitungan PKL beserta kios sementara di tempat relokasi tersebut. Sesuai dengan harapan agar dalam melangsungkan penertiban atau pembersihan nantinya area Pasar Induk tersebut, aktivitas PKL ataupun warga tidak terganggu.

"Kami sudah mengajukan proposal ke Kementerian dan bertemu langsung dengan Pak Inggar dan Pak Gubernur. Nah Pak Gubernur bilang kita akan posting sharing pembiayaan provinsi dan kota untuk tahap pertama," paparnya.

Diakuinya, Pemko Batam sedang berupaya untuk melakukan proses secepatnya. Agar daerah Pasar Induk yang sekarang terkesan selam dan kumuh, sehingga menjadi bersih tanpa mengabaikan hak dan usaha dari PKL.

"Harapan saya PKL jangan sampai ada penolakan. Tak mungkin pemerintah harus mundur dengan kebijakan yang dibuat ketika kita mengganggap kebijakan yang kita lakukan sudah kompromis, sudah mengakomodir kepentingan masyarakat," katanya. (rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Zabur Anjasfianto

Hasil Final Polling Mata Najwa di 3 Sosmed, Prabowo-Sandi Unggul dari Jokowi-Ma'ruf Amin

Berita Populer