Kanal

BUMD Selalu Tertutup. Direksi Harusnya Sudah Diganti, Begini Tanggapan Bangar DPRD Batam

Anggota DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho - TRIBUNBATAM/ARGIANTO DA NUGRAHA

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Dorongan agar direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Batam, PT Pembangunan membuka nilai utang-piutang ke publik, kembali disuarakan anggota DPRD Kota Batam.

Setelah anggota Badan Anggaran (Banggar) Muhammad Jeffry Simanjuntak menilai direksi BUMD terkesan tertutup, Udin P Sihaloho juga menyampaikan hal senada.

"Kalau ada utang-piutang, ya dibuka saja. Apa yang jadi utang, piutang, kita perlu tahu. Apa yang mesti ditagih," kata Udin di ruang kerjanya, di DPRD Kota Batam, Kamis (6/9/2018).

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan akan menjadi masalah di kemudian hari. Ia pun yakin, jika ada satu perusahaan yang menjadi mitra BUMD, dan memiliki utang, perusahaan itu sebenarnya punya niat untuk membayar utangnya.

"Kecuali ada oknum di BUMD yang tak mau menerima, sehingga dilakukan pembayaran di belakang dengan sistem kongkalikong," ujarnya memberi argumen.

Lebih lanjut, Udin yang juga menjadi anggota Banggar ini menilai, direksi BUMD memang sudah sepatutnya diganti sejak lama. Lantaran kinerja yang dilakukan tak signifikan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Malah bisa dibilang sekarat.

"Kami kecewa. Mestinya perbaikan kerja dilakukan jauh-jauh hari. Kami menuntut agar BUMD dibenahi," kata Udin.

"Ya sekarat, kalau sehat (keuangan BUMD) kenapa tak berani serah terima langsung dari sekda lama ke sekda sekarang. Saya lihat sekda (Jefridin) juga rada-rada takut menerima pelimpahan tugas dari sekda lama," ujarnya.

Baca: China Tak Gentar Hadapi Perang Dagang Amerika Serikat

Baca: Erick Thohir Ketua Timses Jokowi-Maruf, PKS Bilang Keren

Baca: Bulan Ini Pendaftaran CPNS, Dibuka 238.015 Lowongan CPNS. Begini Perinciannya

Sama seperti Jeffry, Udin juga menyoroti masa jabatan Direktur BUMD Batam, Hari Basuki yang sudah terlalu lama. Sejak BUMD berdiri 2002 lalu hingga saat ini, posisi direktur masih dipegang Hari alias orang yang sama.

"Perda (peraturan daerah) tentang BUMD sudah dilanggar. Di perda itu masa jabatan direktur 2 periode. Satu periodenya 5 tahun," kata Udin.

Halaman
12
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Zabur Anjasfianto

Video Viral Biduan Gendong Pengantin Pria di Pelaminan, Sang Artis Beri Penjelasan Lewat Instagram

Berita Populer