Kanal

Dalang Ki Warsena Slank Akan Tampil dalam HUT Paguyuban Warga Sukoharjo di Batam

Ir H Ari Prasedya, ketua panitia bersama istri. -

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Paguyuban Keluarga Besar Sukoharjo Makmur (PKBSM) Batam akan menyajikan pagelaran wayang kulit dengan menghadirkan dalang Ki Warsena Slank MSi, Sabtu (15/09/2018) di Lapangan Parkir Kepri Mall, Batam. Acara ini dalam rangka HUT ke-15 Paguyuban PKBSM Batam.

Ketua Panitia Pelaksana Ir Arianto Prasedya kepada Tribunbatam.id, Kamis (06/09/2018) mengungkapkan, pertunjukan wayang ini sifatnya terbuka dan gratis. Tujuannya, selain untuk mempererat silaturahmi, pagelaran seni budaya ini juga diharapkan mampu mengobati kerinduan masyarakat, terutama warga asal Jawa akan pertunjukan wayang.

Baca: Ahok Dikabarkan Akan Nikah, Kedua Putra Ahok Justru Asyik Lakukan Ini

Baca: Dua Ajudan Presiden Beberkan Kebiasaan Jokowi saat Kunjungan Kerja

Baca: Relawan Golkar Jokowi Angkat Topi untuk Erick Thohir

Dalam acara ini akan dihadiri Ki Lurah Punggowo Batam, HM Soerya Respationo SH,MH, Ki Carik, Bupati Sukoharjo, unsur muspida dan para anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo.

Dijelaskan oleh Ir Arianto, dalam pagelaran wayang ini, Warsena Slank akan tampil berkolaborasi dengan penampilan campursari. Itu merupakan kekhasan dari suguhan dalang asal Surakarta yang juga adik dalang Ki Anom Suroto ini.

Warsena Slank memang dikenal cukup konsisten dengan pakem pewayangan. Namun penampilannya menjadi lebih hidup dengan memadukan kehadiran kesenian ataupun artis lain.

“Untuk penampilan di Batam ini, gamelan nanti dipanjami oleh Ki Lurah (Punggowo), sedangkan seperangkat wayangnya dipinjami oleh Ibu Sri Soedarsono. Untuk wiyogo (penabuh gamelan) gabungan, ada yang dari rombongan dalang, dan dari Batam,” kata Arianto.

Mengenai agenda HUT PKBSM Batam, selain acara puncak Harlah di Kepri Mall, ada juga agenda yang akan dilakukan oleh para anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo. Pada Jumat (14/9) mereka akan temu muka dengan para sesepuh paguyuban Jawa di Batam, dengan mengambil tempat di Hotel Harmoni, Jodoh.

Selanjutnya pada Sabtu siang, mereka juga akan bertatap muka dengan warga Sukoharjo di Batam.(pwk)

Penulis: Purwoko

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer