Kanal

Banyak Puskesmas Over Kapasitas Layanan, Ini Jumlah Minimal di Batam

tulisan puskesmas - ilustrasi

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Saat ini, jumlah Puskesmas yang ada di Batam ada sebanyak 19 unit. Jumlah tersebut dinilai masih kurang untuk memaksimalkan layanan kesehatan bagi msyarakat.

Sampai sekarang Puskesmas yang telah beroperasi baru 19, jumlah ini masih kurang sehingga diperkirakan mempengaruhi kualitas pelayanan pada masyarakat.

Sesuai dengan ketentuan yang ada maka idela perbandingan Puskesmas adalah 1: 30.000 penduduk.

Artinya Batam yang penduduknya telah diatas 1,2 juta maka setidaknya harus menyediakan 40 Puskesmas sesuai sebaran penduduknya.

Sejumlah Puskesmas harus melayani warga melebihi kapasitas yang seharusnya, misalnya puskesmas Batu Aji dengan jumlah penduduk sebanyak 170.000 warga.

Baca: Walau Hujan Sebentar, Ruas Jalan di Tiban ini Bisa Tergenang Berjam-jam

Baca: Tarif PPh Impor Terbaru Segera Berlaku Mulai 13 September

Baca: Hujan Sebentar, Jalan Depan Kantor Lurah Batuaji Banjir. Ini Pemicunya!

Dinas Kesehatan kota Batam telah mengajukan penambahan pembangunan 2 Puskesmas tahun anggaran 2018 namun dibatalkan sehubungan dengan rasionalisasi anggaran akibat defisitnya APBD Pemerintah Kota Batam.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam dr Didi K dalam rapat terbatas dengan Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (5/9/2018) lalu.

Didi juga menyampaikan bahwa anggaran renovasi untuk mengoptimalkan fasilitas di sejumlah Puskesmas dan unit layanan lainnya misal pembelian alkes terimbas rasionalisasi anggaran dari Rp 50 miliar menjadi Rp 14 miliar.

Namun Didi memastikan bahwa honor para medis non ASN tidak akan ada masalah sehingga tidak akan mengganggu pelayanan pada masyarakat.

Hibah DAK Kesehatan dari APBN yang biasanya di terima dikisaran Rp 50 miliar menjadi hanya Rp 3,5 miliar tahun 2018 ini. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi Sabtu 8 September 2018

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer