Kanal

Hujan Turun, Banjir Kembali Landa Tiban Koperasi, Berikut Harapan Warga

Banjir kembali rendam komplek Tiban Koperasi, Jumat (7/9/2018) - TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Banjir kembali terjang komplek Perumahan Tiban Koperasi, Sekupang, Jumat (7/9/2018). Banjir susulan ditengah hujan turun di wilayah Sekupang, itu terjadi sekitar pukul 11:30 WIB.

Dari pantauan Tribun yang melihat langsung pemukiman warga, air meluap di areal komplek Tiban Koperasi. Drainase yang ada, tidak bisa menampung air, hingga meluap dan masuk ke dalam rumah warga.

Sawal salah satu warga mengakui, baru setengah jam hujan yang turun itu, membuat rumah warga di landa banjir. Apalagi drainas yang ada tidak mampu menampung debit air hingga meluap menggenangi rumah warga.

"Ya beginilah kondisinya, tidak tahu lagi kita, sampai kapan banjir ini dapat ditangani. Warga selalu kawatir ditengah hujan turun melanda wilayah sekupang," katanya.

Baca: Atasi Banjir Tiban Koperasi, Pemerintah Turunkan Alat Berat Untuk Normalisasi Drainase

Baca: Rumah Kebanjiran saat Hujan Turun, Ini Tuntutan Warga Tiban Koperasi pada Pemerintah

Baca: Rayakan Idul Adha, Sejumlah Rumah Warga Tiban Koperasi Kebanjiran

Sementara itu, Anto Sujanto warga Tiban Koperasi mengatakan, banjir yang melanda pemukiman mereka sudah yang kesekian kalinya. Bahkan sudah hampir lebih dari tiga kali pemukiman mereka dilanda banjir susulan.

Padahal warga sudah selalu menyampaikan hal ini kepada pihak pengembang dan BP Batam, agar kolam resapan air dikembalikan lagi seperti semuala.

Namun kesepakatan dengan BP Batam beberapa waktu lalu tidak sesuai dengan harapan. Kolam resapan air yang digali di samping sekolah Kasih Karunia tidak seperti kolam sebelumnya.

"Mereka membuat kolam resapan air di samping sekolah Kasih Karunia, dan kolam yang dibuat itu tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tidak bisa juga menangani banjir dalam jangan waktu panjang," kata Anto yang juga merupakan ketua komite penanggulangan banjir di Tiban Koperasi Sekupang.

Dia dan juga warga lainnya berharap Kepada pihak BP Batam segera mengembalikan kolam resapan air di Perumahan Tiban Koperasi seperti sebelumnya. Karena ditengah kolam resapan air itu masih dalam kondisi di timbun, apabila hujan turun air meluncur sangat hebat ke parit dan menyebabkan banjir.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Zabur Anjasfianto

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer