Kanal

Pelari Kenya Borong Juara di International Bintan Marathon

CEO & Owner PT Medianusa Permana Internet Service Provider, Manggara Perangin-angin (oficial) memberikan piagam juara ke pada peserta juara lari marathon asal Kenya - TRIBUNBATAM/AMINNUDIN

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Para pelari asal Kenya bisa dibilang sulit untk terkalahkan di setiap pertandingan lari. Dalam setiap event marathon di berbagai tempat, tradisi juara selalu mereka pegang. Begitu juga di perhelatan International Bintan Marathon Minggu (9/9/2018) pagi di Lagoi Bay.

International Bintan Marathon yang digelar PT Bintan Resort Cakrawala, Orange Room Event Organiser, PT. Media Nusa Permana Internet Service Provider serta turut didukung Tribun Batam ini memang terlihat banyak diikuti warga Kenya. Para pelari negara yang berikubukota di Nairobi tersebut hampir mengikuti semua kategori.

Di kategori half marathon oferall male, Njoki Charles Munyua misalnya membuka gelar juara dengan catatan tercepat, 1 jam 8 menit. Jura kedua juga didapat pelari asal Kenya dengan waktu terpaut lima belas menit. Di kategori half marathon oferall female, peserta Indonesia Osidah Widayati sukses membuka kemenangan dengan catatan waktu 1 jam 32 menit. Juara ke dua dipegang pelari asal Amerika deterut 4 menit.

Baca: Tari Maumere dan Kesenian Melayu Semarakan Pelepasan Peserta Internastional Bintan Marathon

Baca: Gunakan Kaki Palsu, Syarif Taklukan Internasional Bintan Marathon

Baca: Objek Wisata Gurun Pasir Bintan, Wisata Murah Ala Gurun Sahara

Di kageri berat, marathon 42 K Overal Male, tiga juara masing masing dipegang oleh Negara Kenya. Peserta asal Indonesia duduk di urutan ke ke empat. Begitu juga dengan di kelas 42K overal Female juga dipegang peserta asal negeri Kenya.

Kepada panitia, beberapa pelari asal Kenya mengungkapkan rute International Bintan Marathon terbilang baru. Meski kondisi lintasan mulus, namun mereka mengaku lintasan terbilang memangan.

Rute yang didesain panitia diatur berdasarkan kategori. Namun sesuai konsep sport tourism, lintasan yang disiapkan banyak mengeksplorasi sisi sisi keindahan pariwisata Lagoi. Misalnya lintasan yang melewati danau Lagoi dengan rerumputan hijau di setiap sudutnya membuat sejumlah peserta merasa tidak bosan melintasi area.

Group General Manager (GGM) PT BRC Abdul Wahab mengatakan, konsep lintasan mengacu pada tajuk International Bintan Marathon yakni Run & Discover. "Lalu sengaja waktu pembukaannya pada pukul 05.00 pagi agar pelari bisa menikmati suasana terbit fajar di Lagoi,"kata Abdul Wahab. (min)

Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer