Kanal

Begini Cara Gunakan Panic Button saat Hadapi Kejahatan. Sekali Pencet Polisi Datang!

Kapolresta Barelang Batam Kombes Pol Hengki menunjukkan aplikasi panic button. - tribun batam

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bagi masyarakat yang menemukan tindak kriminalitas tidak perlu telepon atau ke kantor polisi, melainkan hanya memanggil pihak kepolisian dengan aplikasi bernama
Panic Button

Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat agar lebih gampang dan cepat menginformasikan kepada kepolisian saat adanya tindak kriminal.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki melalui Humas AKP Emsas menyebutkan, masyarakat cukup menekan aplikasi tersebut yang langsung tersambung pada server Polresta Barelang.

"Unit Comen Centre Polresta akan langsung mengetahui keberadaan pelapor, dan langsung dengan cepat berkoordinasi dengan pihak kepolisian terdekat untuk menuju ke lokasi," katanya, Senin (10/9/2018).

Tak hanya berfungsi bagi masyarakat, aplikasi ini juga bisa langsung memonitor anggota kepolisian yang sedang melaksanakan patroli.

Baca: 1 Muharram 1440 H - Inilah Doa Akhir Tahun 1439 H, Dalam Bahasa Indonesia dan Arab

Baca: Aturan Baru! Naik Turunkan Penumpang 15 Menit Tak Perlu Bayar Parkir

Baca: Sudah Disahkan, Perda Parkir Belum Berlaku. Ternyata Ini Sebabnya!

"Di Command Center Polresta Barelang terpantau semua aktivitas patroli yang dilakukan anggota saat melaksanakan patroli," sebutnya.

Nah bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut, serta syarat apa saja?

Emsas menyebutkan, prosedur pendaftaran diawali dengan mengunduh aplikasi tersebut dari App Play Store dan setelah itu, akan mengkonfirmasi email Anda.

"Setelah itu terdapat identitas yang harus diisi, seperti nomor KTP, nama lengkap, alamat, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor telepon, dan langsung menekan konfirmasi," jelasnya.

Setelah itu, data akan masuk pada server di Command Center Polresta Barelang untuk dilakukan persetujuan.

"Selain masyarakat, anggota kepolisian juga menggunakan aplikasi tersebut, yang mana bila alarm berbunyi , dan akan langsung masuk keseluruhan Personil Polresta Barelang . Agar melihat mana jarak terdekat untuk menuju lokasi kejadian yang terjadi," ujarnya.

Namun bagi masyarakat diimbau tidak menggunakan aplikasi tersebut dengan memberikan informasi Hoax yang tidak benar.

"Jangan coba-coba juga pura-pura untuk memainkan aplikasi ini bukan pada fungsinya. Kita bisa langsung melacak keberadaan orang tersebut," katanya. (*)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Tri Indaryani

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer