Kanal

CPNS 2018 : Ingin Lamar di BUMN, Ingat Diberlakukan Tes Sistem Gugur

formasi penerimaan cpns 2018 dalam angka -

TRIBUNBATAM.id - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil ( CPNS) dibuka serentak pada 19 September 2018. Ada 238.015 kuota PNS yang diperebutkan, baik di tingkat pusat atau daerah. Di tingkat pusat, penempatan akan dilakukan di 76 kementerian/lembaga.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi salah satu instansi yang membuka lowongan CPNS tahun ini.

Baca: Kuota CPNS Pemprov Kepri Tidak Sampai 200 Formasi, Guru dan Tenaga Kesehatan Lebih Banyak

Baca: CPNS 2018 - Jika Lulus CPNS 2018, Ini Besaran Gaji PNS Sesuai Pangkat dan Jabatan

Baca: Bocoran Kisi-kisi Soal CPNS 2018: Jawab 100 Soal, Apa Saja?

"Formasi Kementerian BUMN tahun ini adalah 88 orang," ujar Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol BUMN, Ferry Andrianto.

Tiga seleksi

Akun Twitter Kementerian BUMN, @KemenBUMN, memberikan informasi mengenai tiga seleksi yang nantinya akan dihadapi CPNS, berikut penjabarannya.

Adapun, tiga seleksi yang akan dihadapi para peminat yang ingin jadi PNS dan penjabarannya menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biroktasi (Permenpan) RI Nomor 36 Tahun 2018, yakni:

1. Seleksi Administrasi
2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

#SobatBUMN Mau Lolos CPNS 2018? Pelajari 3 Tes diatas ini ya.
Untuk pengumuman seleksi CPNS 2018 di Kementerian BUMN, #SobatBUMN jangan lupa untuk terus pantau informasinya dengan mem-follow akun instagram dan media sosial Kementerian BUMN ya...

#BUMNHadirUntukNegeri pic.twitter.com/9tds8pBSiD
— Kementerian BUMN (@KemenBUMN) September 10, 2018

Masing-masing instansi, termasuk Kementerian BUMN, akan mengumumkan persyaratan secara serentak pada 19 September 2018. Setelah itu ada tes administrasi.

Setelah lolos administrasi, ada dua tes kompetensi. Kompetensi dasar adalah kemampuan dan karakteristik dalam diri sesorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seseorang CPNS.

Sedangkan, kompetensi bidang merupakan kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Menurut Ferry, pihak yang akan menyeleksi tiga tahap ini adalah masing-masing instansi penyelenggara. Akan tetapi, khusus Seleksi Kompetensi Dasar akan diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui computer assisted test (CAT).

Kemudian, untuk SKD terbagi lagi menjadi tiga tes, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TWU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Ferry menjelaskan, dari SKD berlaku sistem gugur, demikian halnya SKD ke SKB. "Jadi yang diambil dari SKD untuk dites ke SKB hanya 264 orang," ujar Ferry.(*)

Editor: Purwoko
Sumber: Kompas.com

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer