Kanal

Karir Kimi Raikkonen di Ferrari Tamat, Mengejutkan, Penggantinya Pebalap Rookie Berusia 20 Tahun

Kimi Raikkonen - planetf1.com

TRIBUNBATAM.id, LONDON  - Meskipun puluhan ribu pendukungnya meminta agar pebalap Finlandia Kimi Raikkonen tetap dipertahankan, namun "The Ice Man" terpaksa mengakhiri karirnya di Ferrari.

Kimi Raikkonen yang merupakan Juara Dunia 2007 itu tidak lagi memperpanjang kontrak di kokpit Ferrari dan akan pindah ke Sauber pada Formula 1 2019.

Kimi Raikkonen sebenarnya masih diharapkan tampil mendampingi Sebastian Vettel di Ferrari karena kemampuanya di lintasan masih kompetitif meskipun usianya sudah 38 tahun.

Para penggemarnya kemudian membuat petisi di change.org yang didukung lebih dari 75 ribu orang, namun hal itu tidak mengubah keputusan tim Kuda Jingkrak untuk mendepaknya.

Menariknya lagi, tim asal Italia itu justru tidak mencari pebalap berpengalaman untuk menggantikan Kimi, tetapi justru rookie berusia 20 tahun.

Pemuda itu bernama Charles Leclerc asal Monaco dan merupakan bebalap yang dibina sendiri oleh Ferrari.

Leclerc, menurut Reuters, telah lama mendapat promosi untuk tim balap tertua di dunia itu dan melakukan debut dengan Sauber musim ini, setelah memenangkan gelar Formula 2 tahun lalu.

Dia sekarang akan bermitra dengan empat kali juara dunia yang saat ini menduduki posisi kedua klasemen Formula 1 2018, di bawah pebalap Mercedes Lewis Hamilton.

Ferrari adalah tim yang paling glamor dan sangat hati-hati dalam memilih pebalap sehingga pemilihan Leclerc ini merupakan menjadi sejarah baru mobil Italia tersebut, untuk pertama kalinya memilih pebalap tidak berpengalaman di tim mereka.

"Scuderia Ferrari mengumumkan bahwa, pada akhir musim 2018, Kimi Raikkonen akan mengundurkan diri dari perannya saat ini," kata Ferrari.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer