Kanal

Presiden Jokowi Beri Kejutan bagi WNI di Korea Selatan. Ada Aplikasi Baru Layanan WNI di Luar Negeri

Presiden Joko Widodo bertemu dengan para pengusaha Korea Selatan saat kunjungan kerja ke Seoul, Senin (10/9/2018). - Biro Pers Sekretariat Negara

Penulis : Fabian Januarius Kuwado

TRIBUNBATAM.id, SEOUL - Presiden Joko Widodo melakukan unjungan kerja ke Korea Selatan, Senin (10/9/2018).

Di sela-sela kunjungan kerja tersebut, Presiden Joko Widodo memberi kejutan bagi mahasiswa Indonesia di Unuversitas Kyungsun, Busan, Korea Selatan bernama Daya.

Melalui sambungan video, Presiden Jokowi yang berada di Seoul menjawab langsung permohonan online akte kelahiran putra Daya yang lahir 4 Septemer 2018.

"Ini tadi sudah dicek oleh Dirjen Dukcapil dan langsung saya setujui untuk diberikan akte kelahiran ya. Mau?" tanya Presiden Jokowi dalam percakapan dengan Daya dari KBRI Seoul, Senin, (10/8/2018).

Mendengar hal ini Daya langsung mengiyakan.

Beberapa detik setelah Presiden menekan tombol persetujuan pemberian akte kelahiran di layar sentuh, Daya pun menerima akte kelahiran versi elektronik yang disertai "QR code".

Ia kemudian diminta untuk membuka emailnya yang berisi "QR code" akte kelahiran putranya.

Daya langsung memindai aplikasi pemindai "QR code" tersebut melalui kamera handphone-nya dan dan secara otomatis dapat melihat akte asli anaknya yang dapat dicetak kapan saja.

"Ada Pak! (nama) Anak saya Pak, ada di sana Pak!" seru Daya gembira begitu melihat akte kelahiran anaknya atas nama Airlangga Saka Bratajaya di layar monitor.

Halaman
1234
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kompas.com

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer