Kanal

Wisata Batam - Masjid Jabal Arafah, Nyaman untuk Beribadah Sambil Refreshing di Atas Ketinggian

Jabal arafah - TRIBUNBATAM.id/ARGIANTO DA NUGROHO

TRIBUNBATAM.id - Masjid Jabal Arafah Batam, adalah satu Masjid unik yang terletak di Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Dengan memanfaatkan kontur tanah berbukit, Masjid Jabal Arafah telah dirancang, dibangun, dan dikembangkan dengan tujuan multi-fungsi.

Selain fungsi utamanya sebagai sebuah tempat ibadah bagi Umat Islam, masjid inipun sudah menjadi satu destinasi wisata religi keluarga di Batam.

Bukan hanya warga Batam, masjid inipun banyak dikunjungi wisatawan domestik hingga wisatawan asing dari negara tetangga seperti Malaysia.

Jika datang ke Batam, rasanya belum lengkap kalau belum berkunjung ke Masjid Jabal Arafah, seperti halnya juga belum sampai ke Jembatan Barelang.

Jabal arafah (TRIBUNBATAM.id/ARGIANTO DA NUGROHO)

Dibangun pada Juni 2011, konsep masjid ini mengedepankan lingkungan yang asri, yang di tengahnya dibangun menara (Tower) setinggi 36 meter.

Di sana ikut tersedia fasilitas taman, perpustakaan, kantin, dan tempat penjualan suvenir serta aneka kebutuhan pengunjung.

Jabal arafah (TRIBUNBATAM.id/ARGIANTO DA NUGROHO)

Arfan petugas masjid Jabal Arafah mengatakan, diantara masjid yang ada di Batam, Jabal Arafah mempunyai konsep yang bukan hanya sebagai tempat ibadah saja.

"Masjid ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan umum. Jadi biasanya pelajar, serta mahasiswa datang belajar dan membaca di perpustakaan ini. Saat waktu sholat masuk, kita juga himbau untuk dihentikan sementara agar bersama menunaikan ibadah sholat," katanya, Senin (10/9/2018).

Perpustakaan ini dibuka dari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB. Selain tempat membaca, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan lima unit komputer dan fasilitas Wifi gratis.

Halaman
123
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Tri Indaryani

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer