Kanal

Kadisdik Kepri Pimpin Langsung Pelantikan dan Peresmian Taruna Pelayaran dan Penerbangan

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Muhammad Dalil saat melihat barisa para Taruna dan Taruni SMK Pelayaran Nasional dan Penerbangan - TRIBUNBATAM/ISTIMEWA

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Nasional dan Penerbangan menggelar Pelantikan dan Presmian tingkat I, II dan III taruna-taruni Sabtu (8/9/2018).

Dalam acara seremoni akbar tahunan itu, dipimpin langsung oleh inspektur upacara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri DR Muhammad Dali. Dalam amanahnya, Muhammad Dali menyampaikan kedisiplinan, profesional dan keunggulan.

''Mau belajar, tanpa ada tiga hal ini maka sia-sia. Anak-anak saya yang saya lantik hari ini, mari bangun Batam untuk Indonesia sesuai dengan keahlian di bidangnya,'' kata Muhammad Dali.

Dalam pelantikan dan persemian tingkat I, II dan III itu, dihadiri seluruh civitas dari kedua jurusan. Termasuk Kepala Sekolah SMK Pelayaran Nasional Hidayat MM dan Kepala Sekolah SMK Penerbangan Purnawirawan Bambang Royadi.

Hidayat menjelaskan, Pelantikan dan presmian tingkat I, II dan III adalah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Kedua jurusan, Jumlah taruna dan taruni yang resmi menjadi taruna, taruni muda tingkat I sebanyak 123 siswa. Untuk jumlah taruna Tingkat I naik ketingkat II sebanyak 105 org.

''Jumlah taruna tingkat II naik ke tingkat III sebanyak 131 orang SMK Pelayaran Nasional Batam dan SMK Penerbangan Nasional Batam," jelas Hidayat.

Baca: Hasil Babak Pertama Liga 1 Borneo FC vs Persija Jakarta - Skor Masih Sama Kuat 0-0

Baca: Japan Open 2018 - Ganda Putra Indonesia Nyaris Sempurna, 6 Wakil Hanya 1 yang Kalah

Baca: Prasasi Jaman SBY di Bandara Lombok Dibongkar, SBY : Saya Tidak Punya Hak Menghalangi

Kedua kepala sekolah itu berharap, taruna dapat belajar dengan baik. Dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang handal bidang pelayaran dan penerbangan.

''Harus lebih giat lagi belajar,'' kata keduanya menyemangati taruna-taruni.

Keduanya berharap, pada kegiatan masa dasar pembentukan karakter serta pembinaan moral, mental dan kesemaptaan (MADATUKAR) yang digelar satu bulan lamanya, dapat diterapkan sebagai displin ke depan.

Lebih jelas dikatakan Purnawirawan Bambang Royadi, kepada orang tua taruna-taruni, untuk ikut aktif andil memberikan semangat yang maksimal terhadap anak-anak. Karena menurutnya, peluang pekerjaan di Kota Batam masih sangat besar khususnya di dunia maritim dan dunia kedirgantaraan.

''Kepulauan Riau termasuk Batam adalah daerah yang 97 persen laut dan hanya 3 persen daratan. Sudah tentu peluang bagi tenaga pelaut di Batam sangat besar dan tenaga kedirgantaraan dan kebandaraan kita masih diisi oleh org dari luar Kota Batam,'' katanya.

''Insya Allah kedepan SMK Pelayaran Nasional Batam dan Penerbangan Nasional Batam bisa menjadi motor utama yang menciptakan dan menjadi tenaga-tenaga pelaut dan kedirgantaraan utk di daerah kita," tambahnya.

Sementara dua taruna, Dewara Septio Tirada dari jurusan pelayaran tingkat III dan Yeremia Rimanto Simbolon jurusan Penerbangan tingkat III mengaku bangga sekolah di SMK yang terletak di Jalan Komplek Pendidikan dan Wisata Maritim Nomor 1 Tanjungbuntung, Bengkong Laut Batam itu.

"Karena banyak ilmu yang kami dapatkan. Selain itu, fasilitas sekolah juga mumpuni. Ditambah guru-guru yang profesional di bidangnya masing-masing. Jadi kami lebih giat belajar,'' kata keduanya.(*)

Editor: Zabur Anjasfianto

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer