Kanal

Kapal Kargo yang Disergap TNI AL Ternyata Angkut BBM Ilegal. Jumlahnya Ternyata Cukup Fantastis

Kapal kargo tanpa nama yang diduga membawa 20 ton BBM ilegal. -

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Kapal kargo tanpa nama yang mengangkut BBM ilegal diamankan TNI AL di perairan Tokong Hiu, Kabupaten Karimun.

Penangkapan dilakukaan oleh KRI Silea 858 dibawah Koarmada I Pimpinan Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono melakukan pengejaran.

Setelah diamankan ditemukan tiga orang awak kapal yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Nahkoda kapal yang diamankan tersebut diketahui seseorang pria berinisial Sy.

Dari hasil pemeriksaan awal KRI Silea-858 diduga terjadi pelanggaran kapal tanpa dilengkapi dokumen kapal, dokumen personil, dokumen muatan dan diduga membawa muatan BBM ilegal.

Selanjutnya KRI Silea-858 mengawal dan menggiring kapal tersebut ke Deramga Mako Lanal TBK di Pulau Karimun untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Danlanal Karimun, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro membenarkan adanya penangkapan kapal yang diduga bermuatan BBM ilegal itu. Disampaikan Catur, sebagaimana Undang-Undang Pelayaran Nomor 17 tahun 2008, KM tanpa nama tersebut berlayar tidak dilengkapi oleh SPB (Surat Persetujuan Berlayar) yang dikeluarkan oleh syahbandar setempat.

"Kapal tersebut melanggar pasal 323 UU no. 17 tahun 2008 tentang pelayaran, dengan sanksi hukuman pidana maksimal 5 tahun penjara," kata Catur, Rabu (12/9) siang.
Dalam proses hukum selanjutnya Lanal TBK akan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan dan KSOP mengenai unsur pelanggarannya (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Ucu Rahman

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer