Kanal

Para Kades Dilatih Cara Kelola Uang Desa, Ini Harapan Sekda Bintan

Kepala Dinas PMD Bintan Ronny Kartika dan Sekda Bintan Adi Prihantara saat membuka acara desa, Rabu (12/9/2018) - TRIBUNBATAM/AMINUDDIN

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Sebanyak 65 orang aparatur desa yang terdiri dari kepala desa, perangkat desa, pejabat teknis pengelola keuangan desa ( PTPKD) , tim pelaksana keuangan desa (TPK), pengelola aset desa, pengelola administrasi desa dan lain sebagainya mengikuti pelatihan perencanaan pembangunan desa di hotel De Bintan Villa, Teluk Bintan, Rabu (12/9/2018).

Pelatihan itu sendiri dibuka Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara.

Adi saat membuka kegiatan tersebut menuturkan bahwa pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa, nantinya diharapkan mampu memahami pdngelolaan keuangan desa.

"Pelatihan ini kita harapkan mampu meningkatkan kemampuan terhadap pemahaman kebijakan desa, baik terhadap peraturan desa, peraturan kepala desa, peraturan bersama kepala desa dan keputusan kepala desa. Dan juga harus mengerti atas tanggungjawab yang besar supaya anggaran yang dikelola tepat sasaran, tepat penggunaan, tepat pengelolaan dan dapat dibuktikan secara akuntabel,"kata Adi Prihantara.

Baca: Curi Sejumlah Barang dari Dalam Mobil, Empat Anak Ini Diamankan Polisi

Baca: Ini Aksi Keseruan Satlantas Polres Karimun saat Ikut Lomba Bongkar Pasang Ban Mobil

Baca: Status Pajak Kendaraan Dua Tahun Mati. Apakah Dihapus dari Regident, Berikut Penjelasan Dirlantas

Kepala Dinas PMD Bintan Ronny Kartika menambahkan, perencanaan pembangunan desa adalah hal yang utama dalam pelaksanaan pembangunan di desa. Pembangunan menitik beratkan pada proses perencanaan bagus.

Pembangunan harus melibatkan seluruh unsur-unsur dalam masyarakat harus juga mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan juga haruslah mengacu pada RPJM Desa dan RKP Desa sehingga perencanaan desa yang baik diharapkan mampu dalam menyelesaikan dan mampu menjawab persoalan hidup sehingga masyarakat benar-benar merasa dilibatkan.

"Kita ta menghadirkan barasumber yang berkompeten dari Kemendagri guna mengupas terkait perencanaan pembangunan desa melalui penyusunan Perdes Kewenangan Desa berdasarkan Permendagri Nomor 44 Tahun 2016 tentang kewenangan desa anggaran 2018,"kata Adi.(min)

Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto

Video Detik-detik King Kobra Ditangkap Kurir JNE di Perumahan, Warga Mengaku Lihat Ada 6 Ekor Ular

Berita Populer